Ini Hasil Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Babel dari Ombudsman

Ini Hasil Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Babel dari Ombudsman

Pemda penerima penghargaan bersama Sekjen Ombudsman RI.--(ist)

Sementara itu, unit layanan yang dinilai Ombudsman Babel pada tahun ini menilai sebanyak 54 unit layanan pemerintah daerah. Berdasarkan hasil penilaian tahun ini hanya terdapat 3 unit layanan yang memperoleh nilai berada pada zona kuning dengan kualitas opini sedang, sisanya memperoleh zona hijau dengan kualitas opini tinggi dan tertinggi.

Meskipun demikian, Yozar menuturkan masih ada kurangnya komitmen kepala daerah untuk mendorong peningkatan dan perbaikan pelayanan publik melalui instrumen penilaian kepatuhan Ombudsman.

“Ombudsman Babel telah melakukan pendampingan kepada seluruh pemda/instansi sebelum penilaian, seharusnya momentum tersebut menjadi kolaborasi bersama-sama mendorong perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik," ungkap Yozar.

BACA JUGA:Ombudsman Babel Gelar Monitoring Realisasi Policy Brief Penanganan Putus Sekolah di Bateng

BACA JUGA:Terima Penghargaan 1 Dekade, Babel Pos Berharap Ombudsman Menjadi Mata, Telinga, Mulut & Hati Masyarakat

Yozar menyampaikan beberapa bentuk perbaikan dan peningkatan layanan agar instansi dapat melakukan pembinaan/pelatihan pengelola pengaduan secara berkala, disamping itu pemenuhan terhadap sarana dan prasarana bagi pengguna layanan khusus perlu ditingkatkan.

“Pada saat penilaian masih ditemukan ada unit layanan yang tidak mencantumkan pengaduan yang masuk pada dokumennya, ketika kami cek melalui aplikasi SP4N Lapor ternyata ada laporan dari masyarakat terkait layanan. Disamping itu, kami berharap instansi dapat menyelenggarakan bentuk-bentuk layanan khusus bagi penyandang disabilitas, lansia, anak-anak, dan sebagainya, seperti kunjungan ke rumah, penyuluhan khusus, pendampingan khusus, tersedia petugas khusus, dan prioritas antrian. Bentuk layanan khusus ini semestinya bisa disediakan oleh tiap-tiap unit layanan, tidak hanya Dinsos, Puskesmas, Dinkes, atau yang lainnya," ungkap Yozar.

BACA JUGA:Ombudsman Babel Apresiasi BPSIP dalam Penerapan Standar Pelayanan Publik

BACA JUGA:Bangka Tengah Serius Tangani Putus Sekolah, Ombudsman Sarankan Ini

Yozar menyampaikan bahwa Ombudsman Babel akan melakukan penyampaian hasil penilaian ini kepada seluruh Pemda di Kepulauan Bangka Belitung, sembari itu akan disampaikan beberapa catatan agar bisa menjadi perhatian Kepala Daerah untuk menindaklanjuti hal tersebut.

“Besar harapan kami melalui penilaian ini masyarakat akan merasakan pelayanan yang berkualitas pada instansi yang kami nilai, seperti Dinas PTSP, Dindukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Puskeksmas, dan Rumah Sakit Provinsi," tutup Yozar.(*)

BACA JUGA:Ombudsman Babel Terima Penghargaan Pengawasan Pelayanan Publik dari Kanwil Kemenkumham

BACA JUGA:Ombudsman Gelar Workshop Penilaian, Yozar: Ini Momentum Perbaikan Pelayanan Publik

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: