Ombudsman Babel Gelar Monitoring Realisasi Policy Brief Penanganan Putus Sekolah di Bateng

Ombudsman Babel Gelar Monitoring Realisasi Policy Brief Penanganan Putus Sekolah di Bateng

--

BABELPOS.ID, KOBA - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Shulby Yozar melakukan monitoring secara langsung terhadap pelaksanaan policy brief hasil kajian cepat mengenai penanganan anak putus sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (26/10/2023).

Shulby Yozar menerangkan bahwa dokumen hasil analisis dan rekomendasi kebijakan terkait upaya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan atau secara khusus menyasar pada penanganan anak putus sekolah.

BACA JUGA:Ada Masalah Lingkungan, Laporkan ke Call Center DLH Pangkalpinang Ini

Karena, sebelumnya sudah disampaikan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah pada akhir Agustus yang lalu. 

“Sebagai mitra pemerintah, kami berbangga diberi kesempatan dapat terlibat langsung dalam peningkatan kualitas pendidikan di Bangka Tengah," ujarnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Terbaik I Persentase Kenaikan Pendaftaran Kekayaan Intelektual

"Secara resmi kita sudah sampaikan Policy Brief dan saran kebijakan dimaksud kepada Pak Sekda, untuk selanjutnya kami harap dapat memperoleh gambaran serta evidence pelaksanaannya," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabuparen Bangka Tengah, Pangihutan Sihombing menerangkan secara rinci progres tiga poin saran kebijakan yang telah disampaikan oleh Ombudsman untuk segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Sudah Terima 2.220 Bilik, KPU Basel Tinggal Tunggu Surat Suara

“Saran pertama dan kedua terkait penerbitan Perbup serta SK Pembentukan Satgas Khusus lintas sektor, telah selesai tinggal menunggu ditandatangani Bapak Bupati," ujarnya.

"Selanjutnya saran ketiga terkait validasi data dan intervensi terhadap anak putus sekolah sedang proses pendataan dan verifikasi dibantu oleh tenaga pendidikan PAUD yang ada di tiap desa," lanjutnya.

BACA JUGA:Puluhan Massa Gelar Aksi di Kantor Bupati Bateng: Kenapa Era Susanto Belum Dilantik Jadi Wabup?

Setelah mencermati hal yang disampaikan oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi terhadap progres pelaksanaan saran kajian tersebut.

“Ombudsman sangat mengapresiasi, melalui draf Perbup dan SK Satgas ini dapat kita lihat  komitmen tinggi Pemkab Bangka Tengah dalam meningkatkan kualitas pelayanan di dalam dunia pendidikan," tutur Yozar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: