Ombudsman Gelar Workshop Penilaian, Yozar: Ini Momentum Perbaikan Pelayanan Publik

Ombudsman Gelar Workshop Penilaian, Yozar: Ini Momentum Perbaikan Pelayanan Publik

Workshop penilaian penyelenggaraan pelayanan publik 2023 yang digelar Ombudsman Perwakilan Babel.-Ist -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia menggelar Workshop Penilaian Pelayanan Publik Tahun 2023 di Soll Marina Hotel Bangka Tengah sebagai simbolis akan dimulainya pelaksanaan penilaian terhadap 68 instansi pelayanan publik yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Rabu (02/8/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pimpinan Ombudsman RI Pusat Dr. Johanes Widijantoro serta dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu, Kepala Kepolisian Daerah Babel Yan Sultra, Plh. Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Babel dan para peserta dari unsur pemerintah daerah provinsi, kabupaten, kota, Kepolisian Resor, dan Kantor Pertanahan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Evaluasi dari Ombudsman RI, Tekankan Tugas Pemerintah Daerah Sejahterahkan Masyarakat Miskin

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung dalam laporan sambutannya menyampaikan adanya penilaian penyelenggaraan pelayanan publik merupakan momentum bagi instansi untuk berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kami melihat semangat dan tindakan perbaikan pelayanan publik oleh 68 instansi yang akan dinilai pada masa pendampingan kemarin. Hal ini salah satu sinyal bahwa penilaian oleh Ombudsman dapat dijadikan sebagai momentum perbaikan sekaligus peningkatan kualitas pelayanan publik. Jika ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka kami meyakini hasil akhirnya pun akan menjadi lebih baik dan masyarakat semakin merasakan dampak perbaikan tersebut, “ ujar Yozar.

BACA JUGA:Ombudsman RI Dorong Kepulauan Babel Kembangkan _Eco Tourism_

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu memotivasi seluruh instansi pemerintah yang hadir untuk selalu memberikan pelayanan terbaik serta mengelola aspirasi masyarakat secara profesional.

“Saya kurang setuju jika ada pejabat di tempat lain mengatakan melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat cukup biasa-biasa saja. Padahal kan yang memberikan mandat jabatan adalah masyarakat juga. Itu hal yang kurang baik, sehingga saya mengajak kepada kita semua untuk berikan pelayanan prima kepada masyarakat Babel. Permudah pelayanan, upayakan solusi terbaik jika ada permasalahan, dan kelola secara profesional pengaduan yang masyarakat telah sampaikan sebagaimana arahan dari Ombudsman," imbuh Suganda.

BACA JUGA:Kunjungan ke PGK, Ombudsman RI Diminta Kawal Pemkot Selesaikan Soal Ini

Senada, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Yan Sultra menyampaikan pentingnya menjaga kualitas pelayanan publik agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

“Kepercayaan masyarakat wajib kita jaga bersama, salah satu indikator penting dalam melakukan itu adalah dengan terwujudnya pelayanan prima. Polda Babel selalu berusaha mencapai hal tersebut sehingga kemudian bonusnya mampu menjadi salah satu Polda terbaik tingkat nasional. Hal ini juga tidak lepas dari pendampingan yang dilakukan oleh Ombudsman serta lembaga lainnya terkait peningkatan kualitas pelayanan publik," pungkas Yan Sultra.(*)

BACA JUGA:Pemprov. Babel Gandeng Ombudsman RI Cegah Maladminitrasi Pelayanan Publik Sektor Ekonomi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: