Buka Musrenbang RPJPD 2025 - 2045, Wabup Debby Harapkan Partisipasi Aktif Semua Pihak

Buka Musrenbang RPJPD 2025 - 2045, Wabup Debby Harapkan Partisipasi Aktif Semua Pihak

Pembukaan Musrenbang RPJPD Basel.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 - 2045 di ruang Studio Perencanaan Pulau Kelapan BAPPELITBANGDA Basel, Selasa (26/03).

Kegiatan yang memang dilakukan secara zoom meeting ini, turut dihadiri olek wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi, Kepala OPD, dan para pegawai Pemkab Basel.

"Terima kasih yang sudah hadir serta berpartisipasi pada kegiatan Musrenbang RPJPD, yang merupakan kesempatan berharga untuk merumuskan arah pembangunan yang akan membawa dampak positif untuk kemajuan Kabupaten Basel," ucap Debby.

BACA JUGA:Resmikan Gedung Bank Sampah, Wabup Debby; Atasi Sampah Dengan Cara Produktif

BACA JUGA:PGID Basel Resmi Dilantik, Wabup Debby Ajak Kolaborasi Membangun Daerah

Dijelaskannya, Musrenbang RPJPD merupakan proses yang strategis dalam menetapkan visi, misi berikut arah pembangunan yang akan ditempuh dalam kurun waktu yang panjang, dalam proses ini semua elemen bersama-sama mengumpulkan ide, aspirasi serta kebutuhan dari berbagai pihak, baik itu dari masyarakat, tokoh masyarakat, pemangku kepentingan maupun para ahli dan pakar dari berbagai bidang. 

Dalam konteks perencanaan jangka panjang, setiap orang harus memiliki visi yang jelas serta visioner tentang masa depan daerah. Visi ini harus mencerminkan cita-cita bersama untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, berkualitas dan berdaya saing.

"Visi tersebut harus dapat mengakomodasi berbagai dinamika dan perubahan yang terjadi disekitar kita, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun lingkungan," terang Debby.

BACA JUGA:Gas LPG 3Kg Langka, Ini Kata Bupati Basel

BACA JUGA:Pemkab Basel Usulkan 505 CASN ke Pusat, Ini Hasilnya

Disebutkan Debby, salah satu tahapan penting dalam penyusunan RPJPD Basel 2025-2045 tahun ini adalah proses identifikasi permasalahan utama pembangunan serta isu daerah strategis yang kemudian dianalisis dan di elaborasikan menjadi pokok-pokok visi daerah. 

"Dengan berlandaskan pemikiran, maka visi RPJPD Kabupaten Basel Tahun 2025-2045 adalah Bangka Selatan Gerbang Ekonomi Bangka Belitung yang Maju dan Berkelanjutan 2045," jelasnya.

RPJPD adalah tonggak utama dalam arah pembangunan daerah, keinginan Basel menjadi sebuah daerah yang maju, sejahtera, berdaya saing dan berkelanjutan ini bukan sekedar kumpulan angka atau target capaian indikator pembangunan semata, tetapi merupakan cerminan dari impian dan harapan masyarakat 20 tahun yang akan datang. 

BACA JUGA:THR Pegawai Basel Segera cair, Honorer Juga Dapat, Segini Anggarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: