Memajukan UMKM, Salah Satu Alasan Suwandi Ingin Mengabdi Sebagai Anggota DPRD Basel

Memajukan UMKM, Salah Satu Alasan Suwandi Ingin Mengabdi Sebagai Anggota DPRD Basel

Suwandi--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pesta Demokrasi yang dilaksanakan 5 tahun sekali memunculkan banyak calon yang ingin memberikan kontribusi pengabdian kepada negara dan masyarakat. Berbagai kalangan dari berbagai latar belakang ingin mengikuti event demokrasi 5 tahunan itu.

Salah satunya adalah Suwandi, pengusaha asal Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ini berkeinginan memajukan para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lewat legislasi di DPRD Basel.

Caleg DPRD Basel Dapil 1 Kecamatan Toboali, Nomor Urut 7 dari Partai Demokrat ini menilai Kabupaten Basel saat ini sudah banyak mengalami perubahan positif dan mampu bersaing dengan kabupaten kota lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), seperti tata ruang kota yang baik, pembangunan tempat wisata dan perkembangan UMKM.

"Penantian perubahan wajah kota Toboali sudah 20 tahun dan ini sebuah perubahan yang memang luar biasa," ungkapnya, Jum'at (26/01).

BACA JUGA:Hadiri Perata Kwarran Airgegas, Ketua Kwarcab Basel Puji UMKM yang Terlibat

BACA JUGA:Pecahhh! Malam Penutupan UMKM Fair 2023 Disemuti Ribuan Penonton

Ia memuji banyaknya pembangunan seperti Pendestrian Himpang 5 Habang, Pendestrian Kolong Bakung, taman - taman kota di Pemkab Basel, gerbang selamat datang di Desa Air Bara dan Tugu Udang di Desa Bikang.

"Buktinya bisa dilihat pada pembangunan lendestrian ini, jadi Pemkab Basel sekarang ini memang luar biasa dan langsung mengabulkan apa yang menjadi harapan masyarakat," tutur Suwandi.

Namun, dibalik semua pembangunan ini tentunya masih ada belum bisa diakomodir dengan baik, salah satunya pemberdayaan UMKM yang produknya masih belum bisa menembus pasar nasional atau setidaknya dikenal oleh seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Kita saat ini belum bisa mempunyai inovasi makanan khas Toboali, yang bisa diproduksi sistem pengalengan atau pun lainnya, yang memiliki daya tahan lebih lama," ucapnya.

"Karena saat ini Kabupaten Basel dikenal sebagai kota terasi, yang mana terasi ini memang sudah banyak dikenal bahkan beberapa toko khas oleh - oleh di Basel sering mengirimkan terasi asli Toboali hingga ke luar Kota," tambahnya.

BACA JUGA:200 UMKM Gelar Beragam Dagangan di Sport Center Basel

BACA JUGA:UMKM Fair Bangka Selatan Dimeriahkan Band Ibu Kota, Catat Tanggalnya!

Dengan dikenalnya Terasi asli Toboali sudah bagus, namun menurutnya perlu inovasi lagi agar makanan khas Toboali bisa awet lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: