Lafkesfri Survei Puskesmas Pemali untuk Akreditasi, Layanan Diharap Meningkat

Lafkesfri Survei Puskesmas Pemali untuk Akreditasi, Layanan Diharap Meningkat

Survei akreditasi Puskesmas Pemali oleh Labkesfri --Tri

BABELPOS.ID, PEMALI - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Puskesmas Pemali dilakukan penilaian akreditasi.

Akreditasi yang berlangsung selama tiga hari belakangan oleh tim surveyor diharap menjadikan Puskesmas Pemali kian kompetitif. 

BACA JUGA:Petugas Puskesmas Ikut Orientasi Manajemen Intervensi Spesifik

Staf Ali Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra yang menutup rangkaian akreditasi Puskesmas Pemali mengatakan pelaksanaan akreditasi Puskesmas Pemali akan mempengaruhi pola penyelenggaraan peningkatan mutu di pelayanan kesehatan. Hal ini untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dalam tatanan implementasi sehingga dilakukan sistem survei akreditasi. 

"Akreditasi untuk mewujudkan pelayanan yang semakin bermutu, efektif, efisien, adil, transparan dan akuntabel," kata Boy Yandra, Selasa (19/9). 

BACA JUGA:Dinkes Bangka dan Puskesmas Sinar Baru Tingkatkan Pelayanan Pustu, Ini Saran Ombudsman

Ia jelaskan, tujuan daripada akreditasi tersebut, pertama untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Kedua, meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan masyarakat dan lingkungan serta Puskesmas maupun layanan kesehatan lainnya seperti Klinik Pratama, tempat praktek mandiri dokter dan tempat praktek mandiri dokter gigi.

"Manfaat akreditasi bagi pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas adalah untuk memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas. Ini juga untuk meningkatkan pendidikan pada staf, dari yang kurang tahu atau setengah tahu, menjadi tahu," terangnya. 

BACA JUGA:Hattrick dr. Yogi Yamani Antarkan RSUD Depati Bahrin Juara Liga Rumah Sakit se-Babel

Ia lanjutkan akreditasi pada Puskesmas Pemali juga bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan risiko, membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf dan meningkatkan reabilitas dalam pelayanan ketertiban pengelolaan pendokumentasian. 

"Alhamdulillah mudah-mudahan dengan adanya survei akreditasi yang dilakukan oleh tim surveyor, Puskesmas Pemali nantinya akan menjadi Puskesmas yang Paripurna," sebutnya. 

BACA JUGA:Ini Layanan Kesehatan yang Diresmikan Bupati Mulkan Serentak

Ia tambahkan, saat ini di Kabupaten Bangka sudah 12 Puskesmas dengan status akreditasi. Ditargetkan semua Puskesmas di Kabupaten Bangka mencapai status akreditasi paripurna pada akhir tahun 2023.

 "Agar pelayanan dari bawah sampai ke tingkat tinggi bisa terlayani dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat serta pengelolaan administrasi semakin baik dan semakin canggih," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: