Zuristyo Firmadata: UMKM Pilar Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Indonesia

Zuristyo Firmadata: UMKM Pilar Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Indonesia

--

BANGKA TENGAH, BABELPOS.ID - Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Partai Nasdem Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Zuristyo Firmadata mengemukakan bahwa pilar kebangkitan ekonomi masyarakat Indonesia adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Demikian disampaikannya saat mensosialisasikan peran BUMN melalui Program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam pemberdayaan ekonomi umat, Senin (5/12/2022). 

BACA JUGA: Beredar Kabar Erupsi Gunung Semeru Picu Tsunami, Ini Penjelasan PVMBG

Untuk itu, kata Zuristyo, salah satu solusi yang bisa dilakukan melalui program TJSL antara lain membangkitkan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

"Kita ketahui bahwa UMKM adalah pilar kebangkitan ekonomi masyarakat. Sebab, UMKM adalah mata air kehidupan bagi 90 persen tenaga kerja Indonesia," ujar zuristyo. 

Dia mengatakan, keberadaan BUMN merupakan konsekuensi dari paham negara kesejahteraan yang dianut Indonesia. Karakteristik negara kesejahteraan adalah keikutsertaan pemerintah dalam seluruh sektor kehidupan masyarakat termasuk sektor perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Satuan Samapta Polresta Pangkalpinang Patroli Subuh

Seperti diketahui, katanya, penjelasan UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN menyatakan, bahwa memajukan kesejahteraan bagi seluruh rakyat sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 dan Pasal 33 UUD 1945 merupakan tugas konstitusional bagi seluruh komponen bangsa termasuk di dalamnya BUMN.

Oleh karena itu, lanjut Zuristyo, melalui kepemilikan negara terhadap unit-unit usaha tertentu, peran BUMN dalam menghasilkan barang dan jasa yang bermutu tinggi dengan harga yang terjangkau serta mampu berkompetisi dalam persaingan bisnis secara global.

Dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

BACA JUGA: Peduli Sesama, PT Timah Tbk Gelar Donor Darah

Lebih lanjut dijelaskannya, tanggung jawab sosial perusahaan sebagai salah satu peran BUMN untuk membantu pengembangan usaha kecil atau koperasi, menjadi hal yang krusial dilakukan seiring dengan tuntutan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kualitas hidup yang ideal.

"Kontribusi BUMN terhadap terciptanya ketangguhan dan kemandirian ekonomi rakyat melalui upaya kemitraan sebagai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan, diharapkan dapat menberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat," harap Zuristyo.

Anggota DPR RI Komisi VI Dapil Provinsi Babel itu juga menyatakan, Program TJSL BUMN semestinya berperan tidak hanya dalam memberikan bantuan kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: