Jalan Terjal UMKM Go Ekspor

Jalan Terjal UMKM Go Ekspor

Reniati Fadillah --(ist)

Kita berharap dari Dual strategy yang sudah dikembangkan oleh Bank Indonesia mampu mencapai kondisi yang ingin dicapai untuk UMKM kita ke depan yakni: peningkatan nilai ekspor UMKM yang semakin signifikan, karena ini bisa menjadi indikator meningkatkan kesejahteraan Masyarakat, kemudian terciptanya budaya UMKM melalui 5K dan 2S produk dan jasa UMKM. Selanjutnya meningkatnya pemahaman UMKM terhadap manajemen usaha, prosedur, perizinan dan persyaratan ekspor negara tujuan. Dan terakhir tercapainya optimalisasi Platform digital sebagai salah satu kanal ekspor UMKM.

BACA JUGA:Mengelola Kota, Mengelola Sampah

Adapun untuk Program unggulan dalam pembentukan ekosistem UMKM ekspor yang telah di gagas oleh Bank Indonesia adalah penguatan UMKM (supply side) berupa panduan (modul) ekspor dan penajaman E-Catalog, dan penyediaan informasi pasar (demand sale) berupa perluasan trading house dan selected and targeted trade promotion.

BACA JUGA:Pengaruh Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa Pada Peningkatan SDM dan Daya Saing Desa

Semoga tahapan-tahapan Langkah strategis yang disiapkan oleh Bank Indonesia bisa terlaksana dengan baik. Tentunya harus disertai juga dengan capaian setiap lokus dan waktunya yang harus lebih dipertajam. Sehingga kita berharap tentunya Langkah-langkah strategis ini bisa dijabarkan dalam bentuk program-progam yang bisa membawa UMKM Go Ekspor dan tentunya setelah UMKM tersebut bisa eksport mereka bisa mandiri. Sehingga Bank Indonesia serta institusi lainnya yang concern untuk menuntaskan persoalan ini bisa menggandeng UMKM lainnya yang masih barada pada kluster lokal. (*)

BACA JUGA:Urgensi Rancangan Kitab UU Hukum Acara Pidana Pasca KUHP Baru Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: