Peduli krisis Lingkungan, Kodim 0432/Basel Tanam 150 Pohon Pinang di Parit 3

Peduli krisis Lingkungan, Kodim 0432/Basel Tanam 150 Pohon Pinang di Parit 3

Penanaman pohon pinang di hutan lindung oleh jajaran Kodim 0432/Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Aksi kepedulian terhadap krisis lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya kepada jajaran Kodim 0432/Basel yang menggelar aksi tanam 150 pohon pinang di hutan lindung Lubuk Besar Parit 3 Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jum'at (08/12).

Dandim 0432/Basel Letkol inf Gani Rachman mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke 78 kodam II/Sriwijaya  yang menitik beratkan mengantisipasi banjir dan wabah penyakit karena sudah memasuki musim penghujan yang bibit penyakit pasti berhubungan dengan air. 

"Penanaman pohon ini juga bisa sebagai daerah resapan air, yang mana di lahan - lahan tandus ini akan terus kita tanam pohon dan kita rawat jadi bukan seremonial saja," terangnya.

BACA JUGA:Rangkaian HUT Ke 78 TNI, Dandim 0432/Basel Gelar Bakti Sosial

BACA JUGA:Tinjau Sawah Desa Rias, Dandim Berharap Jadi Lumbung Beras Bangka Belitung

Penanaman pohon ini dapat memberikan fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan,  namun juga selalu kita pelihara yang tujuan nantinya untuk generasi penerus serta dapat dirasakan manfaatnya oleh anak cucu dimasa mendatang.

"Penghijauan ini diharapkan dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan rawan longsor, banjir dan kekeringan serta membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan gerakan menjaga,  melestarikan Lingkungan Hidup di Basel khususnya wilayah Kodim 0432/Basel," ucapnya.

BACA JUGA:Karya Bhakti, Kodim 0432/Basel Bersihkan Saluran Air di Tanjung Ketapang

BACA JUGA:Rangkaian HUT ke 78 Kodam Sriwijaya, Kodim Basel Bersihkan Pasar Terminal Toboali

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Pemkab Basel Sumindar menyampaikan, terima kasih yang luar biasa kepada Kodim 0432/Basel yang telah menginisiasi karya bakti menanam pohon supaya lingkungan tetap terjaga dengan baik dan tidak panas.

"Inisiasi yang baik oleh jajaran Kodim agar lingkungan tetap terjaga, udara tetap segar dan menghijaukan lahan - lahan tandus," ungkapnya.

"Selamat memperingati HUT ke 78 Kodam II/Sriwijaya, selamat melaksanakan karya bakti, kami rakyat akan bersama-sama dengan TNI menjaga bangsa ini, menjaga kebersihan dan menjaga keteguhan alam ," tambahnya. (*)

BACA JUGA:Peduli Stunting, Kodim 0432/Basel Bawa

BACA JUGA:Tingkatkan Kemampuan Fisik, Prajurit Kodim /0432 Basel Tes Garjas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: