Spesialis Bobol Rumah di Pangkalpinang Ditangkap Buser Naga, Ini 5 TKP Korban

Spesialis Bobol Rumah di Pangkalpinang Ditangkap Buser Naga, Ini 5 TKP Korban

Pelaku saat diamankan Tim Buser Naga Polresta Pangkalpinang.--Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tim Buser Naga Satuan Reserse Kriminal Polresta Pangkalpinang berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian spesialis bobol rumah yang belakangan ini cukup meresahkan masyarakat Kota Pangkalpinang. 

Pelaku bernama Buana Giri alias Girong (24), warga Kelurahan Masjid Jamik Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang. Pemuda pengangguran ini ditangkap setelah melakukan pencurian di lima tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah hukum Polresta Pangkalpinang. 

Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, Kompol Evry Susanto mengungkapkan, terungkapnya aksi pelaku ini setelah salah satu korban melaporkan peristiwa pencurian ke Polresta Pangkalpinang pada Rabu (18/10/2023). 

BACA JUGA:Pria Asal Puding Besar Ini Ditangkap Buser Naga Karena Curi HP di Dashboard Motor

BACA JUGA:Diburu Buser Naga Usai Temukan Tas Berisi Kunci Mobil & Uang Jutaan, Pemuda Ini Akhirnya Menyerahkan Diri

Dalam laporannya, kata Evry, korban menyatakan bahwa dugaan tindak pidana pencurian yang dialaminya diketahui pada Minggu (24/2023) lalu sekira pukul 08.00 WIB di kediamannya di Jalan H.M.Noer RT/RW 004/002 Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang. 

Saat itu, beber Evry, pelaku yang tidak diketahui identitasnya mengambil barang milik korban berupa satu unit handphone merk Vivo warna hijau toska dan satu buah tabung gas LPG 3 kilogram warna hijau pada saat korban sedang tidak ada dirumah.

Menurut korban, lanjut Evry, kemungkinan pelaku masuk kedalam rumah korban dengan cara membuka paksa kunci gembok pintu depan rumah korban. Setelah berhasil masuk, pelaku kemudian pelaku mengambil hanphone yang korban letakkan di dinding rumah korban dan kemudian pelaku juga mengambil satu buah tabung gas LPG 3 kilogram warna hijau yang terletak dapur rumah korban. 

"Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar tiga juta rupiah. Setelah kejadian tersebut korban melaporkan kejadian ini ke Polresta Pangkalpinang untuk ditindak lanjut," terang perwira melati satu ini. 

BACA JUGA:Curi Lima Velg Mobil, Mantan Napi Lapas Salemba Ini Diciduk Buser Naga

BACA JUGA:Curi Mesin Robin, Warga Tua Tunu Ini Diringkus Buser Naga

Setelah menerima laporan korban, dikatakan Evry, tak lama kemudian Tim Buser Naga mendapatkan informasi terkait terduga pelaku. Dibawah arahan Katim Buser Naga Aipda Rudi Kiai, tim menuju ke daerah Kampung Bintang dan mengamankan pelaku. 

"Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya. Awalnya, pelaku ini berkeliling mencari sasaran rumah yang akan dituju, tidak lama kemudian pelaku menemukan rumah yang tampak sepi dan langsung melakukan aksinya dengan membuka baut engsel gembok pintu depan menggunakan satu buah obeng yang sudah dibawanya. Setelah berhasil masuk, pelaku langsung mengambil barang-barang berharga milik korban," kata Evry. 

Setelah diinterogasi lebih lanjut, ujar Evry, pelaku juga mengaku melakukan pencurian di empat TKP yang berbeda yakni rumah di daerah Gang Hayati dengan barang curian satu unit handphone merk Vivo warna putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: