Implementasi Moderasi Beragama, Kemenag dan Pemkot Pangkalpinang Beri Apresiasi Kepada 2000 Lansia 6 Agama

Implementasi Moderasi Beragama, Kemenag dan Pemkot Pangkalpinang Beri Apresiasi Kepada 2000 Lansia 6 Agama

Rapat persiapan kegiatan di Kemenag Babel.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, Tumiran Ganefo, mengapresiasi Haflah Khotmil Qur`an dan Apresiasi Majelis Ilmu Bagi Setiap Agama Dalam Peningkatan Kualitas Beragama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan diselengarakan pada 18 Oktober 2023 mendatang di Asrama Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal disampaikan Tumiran Ganefo di Audiotorium Mas`ud Hasan Qolay Kanwil Kemenag Rabu (11/10/2023) didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Pangkalpinang, Haris Munandar, Bimas Agama Islam, Pembinas Budha, Pembimas Hindu, Pembimas Konghucu, Pembimas Katolik dan Pembimas Kristen, Tim Kelompok Kerja Penyuluh Terpadu (Pokjadu) Kota Pangkalpinang dan sejumlah jajaran Kanwil Kemenag Babel lainnya.

BACA JUGA:Begini Cara Kanwil Kemenag Babel Peringati Maulid Nabi

Orang nomor satu di Kemenag Babel ini mendukung akan dilaksanakannya kegiatan Haflah Khotmil Qur`an dan Apresiasi Majelis Ilmu Bagi Setiap Agama Dalam Peningkatan Kualitas Beragama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut. 

“Ini merupakan bentuk implementasi moderasi beragama, dari Kemenag dan Pemkot Pangkalpinang dalam bentuk pemberian apresiasi kepada hampir 2000 lansia dari 6 agama,” sebut Tumiran.

BACA JUGA:Launching Aplikasi Srikandi, Cara Kemenag Babel Tingkatkan Layanan dan Tertib Administrasi

Acara ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi Kepada Kelompok Kerja Penyeluh Terpadu (Pokjadu) yang telah memoles untuk upaya berkelanjutan dalam peningkatan pemahaaman bagi pemeluk 6 agama yang diakui di Indonesia.

Ia mencontohkan jika selama ini yang diwisuda adalah para santri setingkat TK/TPA oleh BKPRMI. Namun kali ini khususnya Kanwil Kemenag Babel berkolaborasi dengan Pokjadu Kota Pangkalpinang yang berada binaan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Pangkalpinang.

BACA JUGA:Kemenag Babel Gelar Pembinaan Audit dan Akreditasi Syariah, Demi LAZ Tumbuh Positif, Transparan & Akuntabel

Tumiran Ganefo menyebut ajang ini akan menjadi semakin menjadi spesial, karena peserta yang akan di wisuda dan diberikan Apresiasi Majelis Ilmu dalam kegiatan ini, masing-masing berasal dari Agama Islam 1433 orang, Protestan 10 orang, Katholik 10 orang, Budha 19 orang, Hindu 10 orang dan Konghucu 5 orang. Upaya ini juga bertujuan dalam peningkatan kualitas beragama khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Jika selama ini yang sering kita dengar, saksikan dan laksanakan adalah diwisuda adalah para santri setingkat TK/TPA BKPRMI dan semacamnya. Namun wisuda hasil kolaborasi Pokjadu Kota Pangkalpinang yang berada binaan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Pangkalpinang dengan Kanwil Kemenag Babel ini akan lebih special, karena pesertanya berasal dari 6 agama dan juga akan dihadiri lebih dari 2000 orang di Gedung Asrama Haji Babel,” jelas pengurus Rais Syuriah PCNU Kota Pangkalpinang ini.

BACA JUGA:Kemenag di Babel Masih Kekurangan SDM, Usul 491 Formasi CPNS

Tumiran menyambut baik, karena kegiatan ini dapat semakin memberikan penghargaan kepada para orang orang tua atau lansia penganut 6 agama khususnya di di Kota Pangkalpinang yang masih memiliki semangat tinggi untuk terus mempelajari, mendalami ilmu agama sesuai dengan yang dianutnya.

Ia optimis, melalui kegiatan ini juga akan menjadi pemantik semangat kebersamaan, saling sinergi bagi semua agama dalam menjaga kekokohan NKRI sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas agama bagi setiap pemeluknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: