Kemenag di Babel Masih Kekurangan SDM, Usul 491 Formasi CPNS

Kemenag di Babel Masih Kekurangan SDM, Usul 491 Formasi CPNS

Tumiran Ganefo --Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Berdasarkan  Surat Edaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang Penyampaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023 kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB), salah satu instansi yang membuka lowongan CPNS tahun 2023 adalah Kementerian Agama RI, termasuk rencana tambahan formasi untuk rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, H.Tumiran menyebut, untuk calon PPPK yang tahun sebelumnya mungkin belum diterima, bisa saja nanti akan dievaluasi kembali sehingga jika ada toleransi dalam formasi, khususnya dalam hal nilai, maka otomatis akan dipanggil kembali. Namun semua ini juga masih dalam wacana, sehingga semua juga masih menunggu aturan yang baku.

“Sehingga jangan sampai informasinya simpang siur, seakan-akan negara menjanjikan dan akibatnya masyarakat akan menutup pula, makanya ada baiknya mari kita semua bersabar menunggu sampai nanti sudah ada ketetatapan resmi, dan pasti maka akan disampaikan lebih lanjut,” tambahnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenag Babel Lantik 3 Pejabat Administrator, 2 Wajah Lama

Tumiran juga memastikan tenaga penyuluh di Babel sudah tersebar hingga ke pelosok desa di Babel. Namun memang masih kekurangan, sehingga pemerintah berupaya akan melengkapi kekurangannya tersebut.

Namun demikian untuk penerimaan tahun  2023 nanti formasi yang diperioritaskan tidak saja untuk tenaga penyuluh, tetapi juga untuk tenaga administrator yang juga menjadi tugas pemerintah untuk memikirkannya.

”Sebenarnya kalau untuk perekrutan PPPK maka yang perioritaskan adalah dari sumberdaya yang sudah lebih dulu mengabdi sedangkan CPNS berati betul-betul murni bagi mereka yang mau datang untuk mengabdi,” tambahnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenag Ajak 603 Peserta KSM 2023 Babel Toreh Prestasi Sampai Nasional

Namun orang nomor satu di Kanwil Kemenag Babel itu juga kembali memastikan bahwa untuk bentuk format kebutuhannya, masih menunggu lebih lanjut dari pusat khususnya di Menpan RB.

Menurut ideal kebutuhan sumber daya penyuluh maka di Kemenag-kemenag  di Babel ini khususnya misalnya kita bisa lihat di Bangka Tengah sekarang baru ada 19 penyuluh, demikian juga Bangka Selatan, Beltim, Babar semua memang kurang. Tapi tentunya pemerintah pasti sudah menghitung anggarannya yang harus dipikirkan.

“Untuk di Babel sudah diusulkan sekitar 491 termasuk tenaga teknis, guru dan penyuluh. Sedangkan untuk PPPK yang dinyatakan lulus dari Panselnas tahun 2022 hanya 153 orang dari 320 formasi yang diberikan, karena nilai Computer Assisted Tes (CAT)nya belum memenuhi standar yang telah ditetapkan,” jawab Tumiran.(*)

BACA JUGA:Selamat! Ini Peraih Madrasah Award Tahun 2023 Penmad Kemenag Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: