Begini Cara Kanwil Kemenag Babel Peringati Maulid Nabi

Begini Cara Kanwil Kemenag Babel Peringati Maulid Nabi

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Kemenag Babel.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Tahun 1445 H di Auditorium H. Mas'ud Hasan Qolay, Selasa,(03/10/2023).

Kepala Kanwil Kemenag Babel, H. Tumiran Ganefo, menyampaikan syukur atas dilaksanakannya kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1445H. "Ini merupakan salah satu bentuk penghambaan diri kepada Allah Swt dan kecintaan kepada baginda nabi Muhammad Saw sang pembawa cahaya kebenaran dan keselamatan dunia dan akhirat," ujar Tumiran.

BACA JUGA:Kemenag Babel Gelar Pembinaan Audit dan Akreditasi Syariah, Demi LAZ Tumbuh Positif, Transparan & Akuntabel

Orang nomor satu di Kanwil Kemenag Babel ini juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini sukses dilaksanakan oleh semua para ASN Kanwil Kemenag Babel dan Kemenag Kota Pangkalpinang. Acara ini juga dihadiri Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Provinsi Babel dan Bangka Selatan.

Kabid Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Babel, Abdul Rohim, menerangkan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

”Karena ini merupakan hari-hari besar Islam untuk kita meriahkan dan kita teladani dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tuntunan dari rosullulah,” tambahnya.

BACA JUGA:Kemenag di Babel Masih Kekurangan SDM, Usul 491 Formasi CPNS

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1445 H Kanwil Kemenag Babel mengambil konsep dan sesuai dengan tema yang disampaikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia "Nabi Muhammad Saw Teladan Utama Merawat Kebhinekaan".

Melalui Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel konsep ini, kemudian digabungkan dengan nilai-nilai kearifan lokal budaya Bangka Belitung yakni salah satunya adalah nganggung bersama, barzanji dan marhaban. Karena kegiatan ini memang sudah dijadikan tradisi perayaan maulid di semua tempat di Babel yang sejatinya memang merupakan tanah rumpun melayu.

“Melalui kegiatan ini, kita juga ingin menanamkan bahwa tradisi lokal yang arif ini dapat terus dilestarikan, dan yang terpenting agar kita semua juga senantiasa meneladani sifat dan akhlak rosullulah di dalam setiap menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai moderasi beragama,” harapnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenag Babel Lantik 3 Pejabat Administrator, 2 Wajah Lama

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Tahun 1445 H Kanwil Kemenag Babel juga diawali dengan pembacaan kitab suci al-qur`an oleh ustad Mohammad Agus yang merupakan Penyuluh Agama Kecamatan Air Gegas sekaligus qori tingkat nasional asal Bangka Belitung. Acara di ditutup nanggung dan ceramah agama bersama Ustad Ardinda Kusuma yang kesehariannya bertugas sebagai penyuluh agama Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang.

Dalam tausiahnya, ustad Ardinda Kusuma juga mengajak kepada semua umat Islam yang mengaku cinta kepada nabi Muhammad, hendaknya mampu membuktikan dengan amal dan perbuatannya, seperti dengan mempraktekkan aktivitas sehar-hari sesuai dengan sunnah rasullulah dan semakin memperbanyak bershalawat kepada rosullulah dan Insya Allah kelak mendapatkan safa'at dari Nabi Muhammad Saw di yaumil akhir.

BACA JUGA:Maknai Peringatan HUT RI ke-78, Insan Kanwil Kemenag Babel Semakin Siap Jadi Garda Terdepan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: