Launching Aplikasi Srikandi, Cara Kemenag Babel Tingkatkan Layanan dan Tertib Administrasi

Launching Aplikasi Srikandi, Cara Kemenag Babel Tingkatkan Layanan dan Tertib Administrasi

Launching Aplikasi Srikandi oleh Kanwil Kementerian Agama Babel.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tumiran Ganefo secara resmi melaunching Implementasi Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) Rabu,(04/10/2023) di Audiotorium H. Mas'ud Hasan Qolay.

Dalam sambutannya Tumiran Ganefo mengapresiasi tim penyesuaian pengembangan Aplikasi Srikandi di Kanwil Kemenag Babel. Ia optimis dengan Srikandi akan semakin meningkatkan kualitas layanan tertib administrasi khususnya di Kanwil Kemenag Babel.

BACA JUGA:Begini Cara Kanwil Kemenag Babel Peringati Maulid Nabi

Dijelaskannya bahwa, aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum yang telah dibuat oleh Kementerian Kominfo RI, ANRI, Kemenpan RB, Badan Sandi dan Siber Negara untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi. Aplikasi ini juga terus dikembangkan di berbagai lembaga negara termasuk Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai salah satu wujud transformasi digitalisasi.

“Saya optimis, dengan penyesuaian pengembangan aplikasi Srikandi khususnya di Kanwil Kemenag Babel akan menjadi ilmu baru yang mampu menaikan derajat pengetahuan bagi para pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag Babel sekaligus akan berimbas kepada meningkatkan kinerja dan kualitas layanan kepada masyarakat dan umat,” ujarnya.

BACA JUGA:Kemenag Babel Gelar Pembinaan Audit dan Akreditasi Syariah, Demi LAZ Tumbuh Positif, Transparan & Akuntabel

Menurutnya, dengan aplikasi Srikandi maka sistem kerja yang selama ini 80 persen dikerjakan dengan sistem waktu yang dimiliki sumberdaya manusia, maka sekarang dibalik 20 persen tugas-tugas tersebut dikerjakan oleh sumberdaya manusia dan 80 persen sudah dilakukan melalui sistem aplikasi Srikandi.

Ia juga menjelaskan, bahwa di Srikandi sudah tersedia banyak format-format yang telah disiap menu-menunya. Sehingga selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti untuk surat tugas, surat edaran maupun yang lainnya. 

“Aplikasi Srikandi ini akan mampu menekan cost penganggaran lebih rendah dan efisiensi waktu, kertas, tinta. Namun harapan kita jangan sampai alat komunikasi yang sudah sedemikian canggih ini seperti kita yang selama ini seperti di aplikasi WhatsApp group yang kadang kala sampai tak terbaca oleh kita, maka mohon jangan samakan aplikasi ini dengan WA,” ujarnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenag Babel Lantik 3 Pejabat Administrator, 2 Wajah Lama

Aplikasi Srikandi merupakan salah sistem digitalisasi yang akan membantu untuk penguatan tupoksi di lingkungan Kanwil Kemenag Babel sekaligus akan membantu memudahkan pelaksanaan tugas-tugas administrasi menjadi semakin efisiensi dan dapat dikerjakan dimana saja (work form anywhere)

“Namun tentunya sebelum proses surat menyurat tersebut di l-input, maka hak dan kewenangan tetap ada pimpinan untuk croscek dan edit terhadap tingkat kepatutan dan kebenarannya berkas surat menyurat tersebut. Sebab di sini kita tetap mengutamakan sikap kehati-hatian dan kejujuran. Sehingga kalau selama ini, mungkin berkas akan bertumpuk penuh di meja kerja, dan sebagai pimpinan tinggal mendisposisi, tapi sekarang eranya berganti dengan laptop dan HP yang harus selalu stanby, supaya kita juga bisa memonitor,” tambahnya.

BACA JUGA:Insan Kanwil Kemenag Babel dan Asrama Haji Lomba Semarak Kemerdekaan

Kepala Bagian Kabag TU Kanwil Kemenag Babel, Pril Marori, menambahkan, bahwa aplikasi Srikandi sebelumnya telah dilakukan ujicoba internal guna membantu penyiapan surat tugas dinas, surat-surat pengantar, surat keluar dan surat lainnya yang sifatnya biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: