Usaha Kaling dan Dinsos Bangka, Anak asal Nangnung yang Viral Kini Bersekolah

Usaha Kaling dan Dinsos Bangka, Anak asal Nangnung yang Viral Kini Bersekolah

Santo diantar Kepala Lingkungan Nangnung ke sekolah.-Tri -

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Santo anak asal Sungailiat yang sempat viral karena berprilaku aktif kini mengenyam pendidikan setelah dibantu Kepala lingkungan (Kaling) tempat tinggalnya dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangka. Upaya Dinsos yang membuat Santo mendapat pendidikan seperti anak seusianya juga akan diiringi dengan advokasi supaya Santo bebas dari perundungan. 

Kepala Dinsos Bangka melalui Sekretaris, Achmad Suherman mengutarakan, saat ini Santo telah bersekolah di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) usai viral di media sosial (Medsos) beberapa waktu lalu. Dinsos Bangka memberi pandangan sendiri dalam pemulihan hak anak Santo usai beberapa pihak sempat menuding sangat anak ini membuat resah. 

"Setelah sempat viral di Medsos, Santo akhirnya sekolah di SDLB. Perjuangan pak Edo selalu Kaling Nangnung ini luar biasa untuk mengatasi permasalahan  warganya. Hari ini Santo diantar langsung ke sekolah oleh pak Kaling," ungkap Achmad Suherman kepada Babel Pos, Senin (31/7). 

BACA JUGA:Anak Dibawah Umur Melempar Pengguna Jalan, Dinsos Bangka Beri Imbauan Ini

BACA JUGA:Dinsos Babel Dukung Rehabilitasi di Yayasan Rehabilitasi Mental Moeliya

Dinsos Bangka juga memiliki harapan dengan sekolahnya Santo akan ada perubahan yang lebih baik. Santo sebagai seorang anak diharap tidak lagi menjadi korban dan tidak dianggap sebagai seorang anak yang salah. 

"Kita harap anak ini tidak lagi jadi korban bully (perundungan) dari orang yang selalu mendeskreditkannya sebagai anak yang nakal. Di Medsos sempat banyak yang mem-bully dan mendeskreditkan, padahal dia anak berkebutuhan khusus dan harus dilindungi," jelasnya. 

BACA JUGA:Dua Lansia Terlantar Dinsos Bangka Titip ke Panti Wado

Selain itu ia mengingatkan, semua pihak perlu kebijaksanaan melihat kondisi Santo yang orang tuanya dalam kondisi kurang mampu. Semestinya, semua pihak membantu Santo dan keluarganya bukan sebaliknya malah menghakimi. 

Terkait Santo kini telah bersekolah, pihaknya juga berterimakasih atas bantuan perlengkapan sekolah Santo oleh orang-orang yang peduli. Santo memperoleh bantuan mulai dari seragam sekolah, tas, buku, makanan dan lainnya. 

"Semoga menjadi amal ibadah bagi mereka yang telah membantu, dan kami  dari Dinsos Bangka selalu peduli dengan permasalahan ini, cuma ada langkah-langkah yang harus dilakukan   dan harus sabar," ujarnya.

BACA JUGA:Dinsos dan Pol PP Bangka Amankan Pengamen dan Pengemis

BACA JUGA:Dinsos Babel Bina Disabilitas Lewat Bantuan Modal Usaha

Sebelumnya Dinsos Bangka telah menangani Santo usai viral melakukan pelemparan ke pengendara yang melintas di Jalan Nangnung. Santo sempat dirujuk ke RSJ Babel di Sungailiat guna dilakukan observasi hingga mendapat bantuan Dinsos Bangka untuk urusan administrasi BPJS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: