Dinsos Bangka Tertibkan Kotak Amal, Pengamen hingga Pengemis di Sungailiat

Dinsos Bangka Tertibkan Kotak Amal, Pengamen hingga Pengemis di Sungailiat

--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Untuk menjaga ketertiban daerah Kabupaten Bangka, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangka menertibkan sejumlah kotak amal di warung dan rumah makan. Penertiban juga dilakukan terhadap pengamen dan pengemis yang dilarang dalam peraturan daerah (Perda) di Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Komisi IV DPR RI Melakukan Kunjungan Kerja Spesifik dalam rangka meninjau dampak kerusakan lingkungan

Sekretaris Dinsos Bangka Achmad Suherman mengatakan penertiban kotak amal di warung dan rumah rumah makan seputaran Sungailiat karena sebagiannya tak memiliki izin. Dalam penertiban, Dinsos Bangka bekerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Bangka dan menemukan  kotak amal tanpa izin, dan ada yang habis masa izin.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tandai Pembangunan PLN Hub, Pusat Ekosistem Transisi Energi dan Layanan Digital di Jantung IKN

"Jadi kita lakukan sosialisasi serta tindakan represif dengan mengamankan kotak amal tersebut dan dititipkan di PPNS Pol PP kabupaten Bangka. Ada tujuh kotak amal yang diamankan dari enam tempat," kata Achmad Suherman kepada Babel Pos, Rabu (5/6).

Pihaknya meminta rumah makan yang terdapat kotak amal dapat mengurus izinnya ke Dinsos Bangka. Upaya penertiban ini dilakukan karena disinyalir banyak modus mengatasnamakan  organisasi tertentu untuk kepentingan pribadi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tandai Pembangunan PLN Hub, Pusat Ekosistem Transisi Energi dan Layanan Digital di Jantung IKN

Sehari sebelumnya Dinsos Bangka juga melakukan penertiban pengemis di lampu merah simpang pelabuhan Sungailiat. Ditemukan dua orang anak asal luar Bangka yang mengemis dan mengamen lalu menginap di tempat  warnet 24 jam. Pihaknya juga marak menemukan orang dengan modus meminta minta di jalan dan persimpangan melibatkan bayi sehingga dilakukan penertiban.

BACA JUGA:DPRD Setujui Raperda RPJPD 2025-2045 Kabupaten Bangka untuk jadi Perda

"Mereka mengaku uang tersebut untuk main game dan membeli makanan. Mereka sudah lima hari berada di Sungailiat. Jadi kita amankan dan kita pulangkan mereka ke tempat asal, sebelumnya mereka ini juga sudah pernah ditangkap Pol PP Bangka," jelasnya.(trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: