Asyiknya ASIK BANG, Cara FKPT Babel Tebar Semangat Nasionalisme ke Kawula Muda

Asyiknya ASIK BANG, Cara FKPT Babel Tebar Semangat Nasionalisme ke Kawula Muda

Penyerahan hadiah kepada band pemenang ASIK BANG -Ist-

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Bangka Belitung (Babel) terus bergerak memperkuat rasa cinta kepada Tanah Air kepada masyarakat, khususnya kalangan pemuda.

Cara asyik dipakai FKPT Babel merangkul kalangan muda Bumi Serumpun Sebalai melalui Festival Musik ASIK BANG (Aksi Musik Anak Bangsa) di Warunk Milenial Pangkalpinang Kamis (27/7). Puluhan peserta baik dari grup band, solo maupun duet yang merupakan dari kalangan pemuda, pelajar, mahasiswa sangat antusias menyalurkan bakat terbaiknya.

BACA JUGA:Karakter ID, Kampus Kita Suarakan Indonesia Bersama FKPT Babel

Ketua FKPT Babel, Sri Wahyuni mengatakan bahwa ini merupakan agenda tahunan FKPT Babel yang tahun ini menyasar kawula muda dan dunia pendidikan melalui dua agenda yakni, Karakter ID artinya Kampus Rakyat terpilih Indonesia dengan peserta dari 20 SMA dan yang kedua kegiatan ASIK BANG.

"Asik Bang tujuannya untuk membangun spirit kebangsaan kepada pemuda-pemudi Indonesia khususnya di Babel demi memperkuat rasa cinta kepada Tanah Air," ujarnya.

BACA JUGA:FKPT Babel Ajak Guru Jadi Pelopor Moderasi Beragama

Dalam sekali tampil, setiap peserta akan menyanyikan dua lagu, dengan satu lagu nasional sebagai lagu wajib yang harus dibawakan peserta. Selain berbekal keahlian dalam bakatnya, para peserta harus mampu menjiwai karakter kebangsaan yang kuat dalam diri mereka.

"Dengan membawakan lagu kebangsaan, akan tertanam rasa jiwa nasional pada diri kita terutama pada pemuda generasi bangsa ini. Kita berharap dengan adanya kegiatan ini para pemuda akan menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan kesatuan bangsa dan NKRI. Istilah kita itu, bermusik-musik dahulu jaga bangsa paling depan," ucapnya.

BACA JUGA:Ketua FKPT Babel Ajak Mahasiswa Baru IAIN SAS Bersikap Moderat

Sri menambahkan, pemenang diberikan hadiah uang tunai, dan diberangkatkan ke Jakarta mewakili Babel untuk mengikuti ASIK BANG di tingkat nasional.

"Jadi mereka akan berhadapan dengan para pemenang dari masing-masing wilayah se-Indonesia," tuturnya.

BACA JUGA:Gencar Edukasi Pelajar, FKPT Gandeng UBB Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme

Sementara itu, Plh Kesbangpol Babel Umi Kalsium saat membuka kegiatan memberikan apresiasi dan menyambut baik inisiasi gelar ASIK BANG ini.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena sebagai bentuk cinta kita kepada tanah air dan bangsa untuk menangkal radikalisme dan terorisme, yang mana sudah menyebar penyerabarannya dimana-mana," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: