Karakter ID, Kampus Kita Suarakan Indonesia Bersama FKPT Babel

Karakter ID, Kampus Kita Suarakan Indonesia Bersama FKPT Babel

Podcast Karakter ID bersama pelajar Pangkalpinang.-Ist-

BABELPOS.ID - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bersama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan pendidikan karakter melalui pelatihan kepemimpinan dengan memanfaatkan media podcast dengan tema “Karakter ID, Kampus Rakyat, Suarakan Indonesia“, Rabu (26/07/2023), di Fox Harris Hotel Pangkalpinang.

Di depan para peserta dari perwakilan pelajar SMA/SMK sederajat di Pangkalpinang, Ketua FKPT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sri Wahyuni, menyampaikan saat ini penyebaran paham radikal di kalangan pemud, pelajar terus digencarkan oleh kelompok-kelompok radikal terorisme, terutama melalui media sosial. Hal tersebut menurutnya harus diwaspadai bersama, karena bagi kelompok radikal terorisme pemuda, pelajar merupakan target utama penyebaran paham dan perekrutannya. 

BACA JUGA:Rakernas ke X, FKPT Harus Aktif Edukasi Masyarakat Soal Ini

Menyingkapi hal tersebut menurutnya, pemuda dan media sosial merupakan dua point strategis dalam transformasi paham dan perekrutan anggota kelompok radikal terorisme. 

"Kelompok ini selalu mengincar kelengahan masyarakat dan pemerintah untuk mempengaruhi para pemuda, pelajar dan menguasai media sosial sebagai sarananya," tandasnya.

Karena itu Sri Wahyuni mengingatkan agar kita semua dapat membentengi kedua point strategis tersebut.

BACA JUGA:FKPT Babel Ajak Guru Jadi Pelopor Moderasi Beragama

Disampaikannya, BNPT melalui Direktorat Pencegahan, Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat mengajak para pemud, pelajar di seluruh Indonesia untuk membuat podcast tentang kearifan lokal yang menyatukan dengan tema kegiatan Karakter ID “Kampus Rakyat Terpilih Indonesia” dengan durasi rekaman minimal 3-5 menit berupa audio MP3.

Rekaman podcast harus merupakan karya orisinil dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun. 

Semua konten podcast akan diseleksi oleh para juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

BACA JUGA:Ketua FKPT Babel Ajak Mahasiswa Baru IAIN SAS Bersikap Moderat

Sri Wahyuni berharap melalui kegiatan ini para pemuda dan pelajar dimanapun berada dapat tergerak untuk bersama-sama menjaga kedamaian Indonesia dengan cara menolak segala bentuk narasi dan ajakan serta paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

"Dengan bersama kita yakin kedamaian Indonesia akan selalu kita rasakan," ucapnya dalam acara yang dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman.

BACA JUGA:Gencar Edukasi Pelajar, FKPT Gandeng UBB Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: