Hari Pertama Operasi Patuh Menumbing 2023, Satlantas Polresta Pangkalpinang Tilang 55 Pengendara

Hari Pertama Operasi Patuh Menumbing 2023, Satlantas Polresta Pangkalpinang Tilang 55 Pengendara

Pengendara yang terjaring Operasi Patuh Menumbing 2023 Polresta Pangkalpinang.-Agus -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pangkalpinang, Senin (10/7/2023) mulai menggelar Operasi Patuh Menumbing 2023.Operasi ini akan berlangsung hingga 23 Juli 2023 atau 14 hari kedepan. 

Di hari pertama, sebanyak 55 pengendara kena tilang. Rata-rata jenis pelanggaran didominasi para pengendara roda dua. 

Adapun jenis pelanggaran roda dua yakni helm 22 berkas, rambu 15 berkas, knalpot brong 1 berkas dan kelengkapan 15 berkas. Sedangkan pelanggatan roda empat atau enam hanya pelanggaran rambu 2 berkas. Sementara total barang bukti yang diamankan 15 SIM dan 20 STNK. 

BACA JUGA:Besok Polresta Pangkalpinang Mulai Operasi Patuh Menumbing 2023, Bidik 12 Pelanggaran Ini

Menurut Kasat Lantas Polresta Pangkalpinang, AKP Nannang Suwardi, puluhan pelanggaran lalu lintas tersebut ditemukan dengan sistem hunting atau kasat mata. 

"Hari pertama operasi, sudah banyak pelanggaran yang kita temukan, rata-rata pelanggaran kebanyakan pengendara tak memakai helm," ujar Nannang kepada Babel Pos, Selasa (11/7/2023). 

BACA JUGA:14 Hari Operasi Ketupat Menumbing, 12 Korban Meninggal

Nannang menegaskan, bagi pengendara yang terjaring operasi, denda tilang tidak dibayar di tempat atau pun transfer melalui via bank. Akan tetapi, katanya, pengendara membayar denda tilang langsung di pengadilan. 

"Jadi pengendara yang terjaring operasi akan mengikuti sidang di pengadilan, berapa pun besar dendanya itu tergantung putusan pengadilan sesuai dengan jenis pelanggaran," jelasnya. 

BACA JUGA:Itwasda Polda Babel Cek Operasi Ketupat Menumbing Polres Bangka

Lanjut Nannang, tujuan dari Operasi Patuh Menumbing ini ialah agar masyarakat taat dalam berlalu lintas. Selain itu, katanya, untuk mencegah dan mengurangi tingkat pelanggaran dan tingkat kecelakaan di wilayah Pangkalpinang. 

"Yang jelas tujuan akhirnya ialah menciptakan kamseltubcarlantas. Untuk itu, kami terus memgimbau agar pengendara melengkapi surat dan kelengkapan kendarannya, minimal memakai helm, karena itu sangat penting dalam meminimalisir akibat kecelakaan lalu lintas," kata Nannang. 

BACA JUGA:Operasi Ketupat Menumbing 2023 di Bangka Tengah, Bakal Turunkan 120 Personil

Sekedar diketahui, ada 12 sasaran dalam Operasi Patuh Menumbing 2023 ini yakni berkendara dibawah umur, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, mengemudi tidak wajar atau menggunakan HP dan menerobos lampu merah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: