Kunjungi Damkar, Siswa TK Pembina Dikenalkan Pencegahan Kebakaran

Kunjungi Damkar, Siswa TK Pembina Dikenalkan Pencegahan Kebakaran

Siswa TK Pembina diajak berkeliling naik mobil Damkar.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Para siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Sungailiat berkunjung ke Kantor Damkar Sat Pol PP Kabupaten Bangka Jumat pagi (17/2/2023).

Kedatangan ratusan siswa TK yang dipimpin langsung Kepala Sekolah, Suci Rahayu tersebut disambut Sekertaris Satpol PP Kabupaten Bangka, Mashun, Kabid Damkar, Dody, Kasi Pencegahan Kebakaran Damdar, Andy Irawan dan Kasi Investigasi dan Pendataan Damkar, Rudy serta petugas Damkar lainnya. 

Dody mengatakan pihaknya menyambut baik kunjungan para siswa TK Pembina ke kantor Damkar, sebagai upaya pemberian pemahaman dan pengenalan damkar sejak dini kepada anak-anak.

"Sejak dini diberi pemahaman bahaya api, misal menyalakan lilin, korek api dan sebagainya, kalau kita lalai akan berdampak bahaya terjadinya kebakaran," ujarnya.

BACA JUGA:Sigap, Tim Damkar PT Timah Tbk Bantu Padamkan Kebakaran Rumah Lim Men Kho di Belinyu

Ke depan kata Dody, tidak hanya para siswa yang datang ke Damkar, sebaliknya pihak Damkar yang mengunjungi siswa untuk memberikan sosialisasi dan edukasi pencegahan dan penangulangan kebakaran.

"Ke depan kita akan berkunjung ke sekolah seperti, SMP, SMA yang siswanya sudah mengerti, untuk melakukan tindakan awal yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran di lingkungan sekitarnya,” kata Dody.   

Kepala Sekolah TK Pembina Sungailiat, Suci Rahayu mengatakan kunjungan siswa TK Pembina ke kantor Damkar merupakan pembelajaran tema pekerjaan.

"Tujuannya biar anak-anak tahu, apa Tupoksi Damkar, apa saja yang dilakukan, bagaimana cara menghubungi apabila terjadi kebakaran. Dan peralatan apa saja yang mereka miliki. Serta diharapkan sejak dini kita memberikan edukasi langsung dari pihak Damkar, sehingga anak-anak akan tahu bahaya api dan bagaimana penanganan saat kondisi darurat apabila terjadi kebakaran,” ujar Suci.  

BACA JUGA:Tanggulangi Kebakaran di Desa, Satpol PP dan Damkar Babar Bakal Bentuk Balakar

Pada kunjungan tersebut para siswa diperkenalkan atraksi pemadaman api ringan, simulasi pemadam kebakaran secara tradisonal dan mengunakan peralatan pemadam kebakaran, diperkenalkan peralatan pemadam kebakaran dan diajak naik mobil pemadam kebakaran.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: