Tanggulangi Kebakaran di Desa, Satpol PP dan Damkar Babar Bakal Bentuk Balakar

Tanggulangi Kebakaran di Desa, Satpol PP dan Damkar Babar Bakal Bentuk Balakar

--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Menanggulangi  kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Pemadam kebakaran (Damkar) Bangka Barat (Babar) akan membentuk sebuah tim relawan atau  Barisan Sukarelawan kebakaran (Balakar) dimasing -masing desa.

Mengenail hal tersebut, sejumlah warga dan perwakilan desa mendapat edukasi pencegahan dan penanganan kebakaran, di Gedung Aparatur Pemkab Babar, Selasa (20/9/22).

"Ini wujud dari pemberdayaan masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran," ungkap, Kasat Pol PP dan Damkar Babar, Sidarta Gautama.

Sidarta mengatakan nantinya Tim relawan Balakar itu, yang akan memberikan edukasi terkait pencegahan dan penanganan kebakaran di tingkat desa. 

"Adapun kedudukan dan fungsinya Balakar ini secara operasional ada dibawah kasi trantib Kecamatan, pembinaannya tetap di kita," terangnya.

Ia menyatakan tim relawan ini dibentuk berdasarkan instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa setiap daerah memperkuat kapasitas mencegah kebakaran hutan dan lahan.

"Karena kita ini setiap kemarau kita ini pengekspor asap ke negara tetangga terutama Sumatera dan Kalimantan. Nanti relawan ini memberikan edukasi ke masyarakat yang memiliki budaya membuka lahan dengan membakar nanti dibekali," ucapnya.

Selain memberikan edukasi, Satpol PP dan Damkar Babar juga akan menggelar simulasi penanggulangan kebakaran ke masing - masing kecamatan.

"Kalau relawan sudah dibentuk di setiap desa, sudah full di setiap kecamatan. Nanti tim kami dari Bidang Damkar langsung turun memberikan sosialisasi dan simulasi ke tiap-tiap kecamatannya," pungkasnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: