KKN di SDN 3 Tukak Sadai, Dosen PGSD Unmuh Babel Pakai Augmented Reality

KKN di SDN 3 Tukak Sadai, Dosen PGSD Unmuh Babel Pakai Augmented Reality

Tim KKN Unmuh Babel bersama siswa dan guru SDN 3 Tukak Sadai.--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dosen Program Studi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Erika Fitri Wardani, M.Pd dan Vika Martahayu, M.Pd bersama 10 mahasiswa KKN, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat terintegrasi KKN yaitu melakukan pembelajaran IPA dengan Media Augmented Reality.

Kegiatan ini sukses dilaksanakan di SDN 3 Tukak Sadai Bangka Belitung, Senin (30/01/2023).

Erika Fitri Wardani, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan metode yang sangat relevan dilaksanakan di tengah perkembangan teknologi yang terjadi saat ini termasuk untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah-sekolah agar semakin mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman globalisasi.

“Agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka, diperlukan media pembelajaran yang inovatif,” ujarnya.

BACA JUGA:Dosen Unmuh Babel Bekali Warga Sinar Sari Literasi Digital Bermedsos

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa media Augmented Reality adalah salah satu media pembelajaran dengan teknologi yang menggabungkan objek virtual dengan objek nyata. Sehingga melalui media ini siswa akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari karena objek atau benda dapat dilihat secara nyata.

“Dengan kegiatan ini, maka siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang tidak terlupakan khususnya dalam pembelajaran IPA yang mempelajari gejala-gejala alam meliputi komponen benda-benda hidup (biotik) dan benda-benda tak hidup (abiotic) sangat diperlukan media yang dapat menampilkan objek secara nyata,” tambah Erika Fitri Wardani.

BACA JUGA:PKM Risetmu, Dosen Unmuh Babel Bekali Remaja Panti Asuhan Aisyiyah Jadi Generasi Ketir

Kepala sekolah Dwi Astuti Ningsih, S.Pd. SD, juga menyambut baik kegiatan ini, Melalui kegiatan ini, ia berharap guru-guru di SDN 3 Tukak Sadai khususnya dapat menerapkan media tersebut dalam pembelajaran di kelas. 

Selama kegiatan berlangsung siswa-siswi antusias mengikuti pembelajaran, aktif bertanya, aktif mrnjawab pertanyaan, dan menyampaikan bahwa pembelajaran yang dilakukan sangat menyenangkan. 

Pada akhir kegiatan siswa diberikan kuis dan untuk siswa yang beruntung menjawab kuis dengan benar diberikan hadiah sebagai bentuk reward bagi mereka agar lebih semangat lagi belajar.(*)

BACA JUGA:Kolaborasi Tim KKN Unmuh Babel dan LPHD Kembangkan Fasilitas Air Terjun C2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: