PKM Risetmu, Dosen Unmuh Babel Bekali Remaja Panti Asuhan Aisyiyah Jadi Generasi Ketir

PKM Risetmu, Dosen Unmuh Babel Bekali Remaja Panti Asuhan Aisyiyah Jadi Generasi Ketir

Tim KKN Pengabdian Unmuh Babel di Panti Asuhan Aisiyah Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANGDosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel), melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Risetmu di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang dengan tema “Pemberdayaan Remaja Panti Asuhan Untuk Mewujudkan Generasi Muda Kreatif, Eligible, Teladan,Inovasi, dan Religius (KETIR)”

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Putri Cahyani Agustine,M.Pd. dosen Prodi Matematika berkolaborasi dengan Iful Rahmawati Mega, M.Pd dosen Prodi Bahasa Inggris dan mahasiswa Unmuh Babel.

Dijelaskan Putri, PKM Risetmu yang dilaksanakan selama 2 minggu ini berfokus pada lima kegiatan program pengabdian, yakni Pelatihan English Daily Conversation, Les Pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Produk Rumah Tangga, Hafalan Surat Pendek, Doa Harian, dan Penulisan Baca Tulis Alqur`an (BTQ).

BACA JUGA:KKN Unmuh Babel & Pemdes Sadai Sinergi Kelola Pantai Tanjung Ru

Putri menjelaskan, bahwa di pekan pertama, kegiatan yang dilaksanakan adalah program Pelatihan English Daily Conversation dan Les Pelajaran dan Bahasa Inggris. 

Ia bersyukur kegiatan ini disambut antusias oleh pengurus dan para remaja penghuni panti asuhan untuk memperoleh lebih banyak tambahan ilmu, pengalaman sekaligus memperbanyak jumlah setoran hafalan surat pendek, hadist maupun, doa sehari-hari.

Menariknya, selama kegiatan berlangsung, peserta terlihat bersemangat menghafal, mengingat kembali surat-surat pendek dan hadist hingga doa-doa harian. 

“Hasil nilai yang mereka kumpulkan melalui kami selaku tim pembimbing sangat memuaskan. Apalagi para remaja di Panti Asuhan Aisyiyah ini hampir 80 persen sudah menghapal surat-surat pendek dan doa-doa harian, namun tetap perlu dipelajari kembali terkait hadis-hadis pilihan,” ujar Putri.

BACA JUGA:Kolaborasi Tim KKN Unmuh Babel dan LPHD Kembangkan Fasilitas Air Terjun C2

Pekan kedua, dilaksanakan Sosialisasi PHBS dengan narasumber dari Pukesmas Kacang Pedang Pangkalpinang, dr.Sonia Prodepta didampingi Syarah Nur Karim selaku Staff Bagian Promosi Kesehatan Puskesmas Kacang Pedang.

Dalam paparannya, dr.Sonia, menjelaskan langkah-langkah PHBS dan dilanjutkan dengan sharing bersama remaja hingga pembuatan merk serta praktik pembuatan sabun cuci cair. 

“Para remaja panti asuhan sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, karena mereka jarang sekali mendapatkan kesempatan melakukan praktik pembuatan produk khususnya produk rumah tangga. Bahkan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta terkait pembuatan produk sabun cuci cair,” sebut Putri.

BACA JUGA:UMKM Perlang Dilatih Mahasiswa KKN Unmuh Tentang Branding dan Pemasaran

Pasca mendapatkan pembekalan, para remaja panti pun mampu menghasilkan produk rumah tangga berupa sabun cuci cair yang bisa digunakan sehari-hari atau bisa juga menjadi sumber pendapatan untuk Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: