Begini Kronologis Kebakaran di Kampung Bintang yang Menghanguskan Gudang dan Empat Rumah

Begini Kronologis Kebakaran di Kampung Bintang yang Menghanguskan Gudang dan Empat Rumah

Api melahap gudang dan rumah warga Kampung Bintang.--Foto Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Peristiwa kebakaran yang terjadi di Kelurahan Bintang Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang, Senin (12/8/2024) malam membuat warga setempat dan pengendara yang melintas geger. 

Informasi yang diperoleh, kebakaran tersebut terjadi di Jalan Yang Zubaidah Kelurahan Kampung Bintang tak jauh dari Rumah Makan Asui Pangkalpinang. 

Akibat peristiwa tersebut, gudang Star Lotus milik Moy-Moy yang menjual perlengkapan ibadah umat Konghucu dan empat rumah warga setempat yakni Aon, Aming, Kimni dan Athu hangus terbakar. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

BACA JUGA:Dinsos Bangka Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Rumah di Penyamun

BACA JUGA:Tim Damkar Pol PP Bangka 15 Menit Taklukkan Kebakaran Rumah di Penyamun

Berikut kronologis kejadian. Menurut Tina (56), seorang ibu rumah tangga warga setempat, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 18.05 WIB. Saat itu, ia bersama temannya sedang masak di pondok yang bersebelahan dengan rumah Aon (40), salah satu rumah yang terbakar. 


Tim Damkar berjibaku memadamkan api.--Foto Agus

Tak lama kemudian, Tina mendengar adanya suara ledakan yang berasal dari Gudang Star Lotus yang diketahui menjual peralatan Ibadah umat Khonghucu berupa dupa, lilin, kertas dan lampion. Melihat hal tersebut, ia pun langsung membangunkan pemilik rumah Aon yang sedang tidur di dalam kamar sembari berusaha membantu memadamkam api menggunakan alat seadanya. 

Akan tetapi berselang beberapa menit, katanya, api sudah terlanjur membesar sehingga ia mengajak tetangga sekitar untuk keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

"Untuk lima unit rumah yang terbakar, tidak ada orang yang masih terjebak di dalam rumah dan diketahui semua penghuni rumah berhasil dievakuasi keluar sebelum api melahap isi bangunan," kata Tina. 

BACA JUGA:Warga Korban Kebakaran Beltim Terharu, Rumahnya Mulai Dibangun Kamarudin Muten

BACA JUGA:Kebakaran Rumah Warga Sungailiat, Kerugian 100 Juta

Sementara, Aon salah satu warga yang rumahnya ikut terbakar mengaku bahwa saat itu dirinya sedang tidur. Tiba-tiba dia dibangunkan oleh tetangganya karena ada kebakaran pada bangunan Gudang Star Lotus yang berada di sebelah rumah miliknya. 

Sontak, dia mengambil selang air dan mencoba memadamkam api dibantu oleh anaknya dan warga sekitar, namun tidak sampai lima menit api sudah membesar merembet ke bangunan rumahnya, sehingga korban dengan cepat mengeluarkan sepeda motor dan menyelamatkan diri keluar rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: