Peringatan Hari Bumi, DLH Basel Angkut 12 Ton Sampah di TPA Kapuk

Peringatan Hari Bumi, DLH Basel Angkut 12 Ton Sampah di TPA Kapuk

Pembersihan TPA Kapuk dalam rangka memperingati Hari Bumi.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dalam memperingati Hari Bumi dengan mengusung tema Planet Vs Plastik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka Selatan (Basel) melakukan pembersihan kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kapuk Kecamatan Toboali.

Kepala DLH Basel Hepi Nuranda menyebutkan, pihaknya secara resmi telah menutup TPA di kawasan Kapuk karena sampahnya sangat menumpuk. Kini masyarakat tidak boleh lagi membuang sampah di lokasi tersebut.

"Penutupan kawasan ini juga sebagai bentuk memperingati hari bumi, sekaligus komitmen untuk menjaga Kabupaten Basel dari sampah," ucapnya, Rabu (24/04).

BACA JUGA:Malam Penutupan Basel Bekecak Sisakan 4 Ton Sampah

BACA JUGA:UMKM di Event Bekecak Tak Bayar Retribusi Sampah, Ini Penjelasan DLH Basel

Pembersihan sampah di TPA Kapuk membutuhkan waktu dua hari dengan total sampah sekitar 12 ton, dibantu 3 unit truk, 2 unit pikap, 1 alat berat dan 30 petugas kebersihan.

Diketahui TPA Kapuk merupakan kawasan TPA liar yang digunakan masyarakat untuk membuang sampah rumah tangga.

"Sampah yang dibersihkan ini banyak sampah dari rumah tangga," ujarnya.

Setelah ini pihaknya akan berkoordinasi bersama dengan ketua RT setempat, kecamatan maupun kelurahan, untuk mengangkut sampah di daerah sekitar.

"Kita akan akomodir serta turunkan satgas sampah memasuki wilayah yang sudah dilalui oleh truk sampah, yang salah satu caranya dengan menjemput sampah tersebut ke setiap rumah, dengan harapan masyarakat tak kembali membuang sampah di TPA Kapuk ini," pungkasnya.(*)

BACA JUGA:Selama Puasa, DLH Dua Kali Angkut Sampah, Gitto: Volume Meningkat

BACA JUGA:Resmikan Gedung Bank Sampah, Wabup Debby; Atasi Sampah Dengan Cara Produktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: