Akhir 2023, Semua Layanan Kesehatan Kabupaten Ditarget Akreditasi Paripurna

Akhir 2023, Semua Layanan Kesehatan Kabupaten Ditarget Akreditasi Paripurna

Survei akreditasi Puskesmas Petalingbanjar --Tri

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Semua layanan kesehatan publik di Kabupaten Bangka ditargetkan selesai akreditasi pada akhir 2023. Layanan tersebut terdiri dari rumah sakit hingga Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bangka.

"Di akhir tahun 2023, dua belas Puskesmas dan tiga rumah sakit di Kabupaten Bangka targetnya selesai terakreditasi," kata Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra yang mewakili Pj. Bupati Bangka.

Akreditasi yang baru saja selesai berlangsung di Puskesmas Petaling Kecamatan Mendo Barat. Akreditasi dilakukan oleh Surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (Labkesfri) pada Rabu (15/11).

BACA JUGA:Pemkab Bangka Intervensi Stunting di Petalingbanjar

BACA JUGA:Isi Kuliah Umum, PJ Bupati Haris: Lulusan Stisipol P12 Jangan Hanya Ingin Jadi Honorer

Akreditasi ini gencar dilakukan sesuai instruksi Permenkes No.34 tahun 2022 yang mendorong akreditasi Puskesmas, klinik, laboratorium, rumah sakit hingga praktek dokter. Untuk layanan kesehatan di Kabupaten Bangka dalam menjalani akreditasi ini difasilitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

Ia katakan, Kabupaten Bangka telah melakukan akreditasi terhadap sepuluh Puskesmas dan tiga rumah sakit. Di akhir tahun tersisa dua yang akan diakreditasi, pada akhir November yaitu Puskesmas Baturusa dan pada awal Desember untuk Puskesmas Kenanga.

"Mudah-mudahan semua Puskesmas dan rumah sakit yang ada terakreditasi baik dengan sempurna atau paripurna," ujarnya.

BACA JUGA:Selamat! RSUD Depati Bahrin Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes

BACA JUGA:Eks Puskesmas Jadi Mall Pelayanan Publik, Diresmikan Saat HUT Kota Sungailiat

Ia terangkan, dari sepuluh Puskesmas dan tiga rumah sakit yang telah terakreditasi Labkesfri, telah keluar sertifikat akreditasi paripurna untuk Rumah Sakit Eko Maulana Ali, Puskesmas Pemali dan Puskesmas Pudingbesar. Selanjutnya, Pemkab Bangka menunggu hasil akreditasi Puskesmas dan rumah sakit lainnya yang diharapkan juga lulus akreditasi paripurna.

Ia lanjutkan, tujuan akreditasi untuk meningkatkan mutu layanan. Manajemen layanan kesehatan diharap memiliki prosedur standar yang baik agar pasien puas dengan layanannya.

"Akreditasi ini dapat meningkatkan layanan yang sempurna dan masyarakat terlayani baik. Tenaga layanan pun diharapkan memiliki pengetahuan lebih baik sesuai SOP Kementerian Kesehatan," pungkasnya.(*)

BACA JUGA:Lafkesfri Survei Puskesmas Pemali untuk Akreditasi, Layanan Diharap Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: