Bakal Kosong, 2 Kursi Bawaslu Babel Kembali Diperebutkan

Bakal Kosong, 2 Kursi Bawaslu Babel Kembali Diperebutkan

Rusdiar, S.AP., M.Si- FOTO: Abot-

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dua kursi Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Belitung bakal mengalami kekosongan Juli 2023 mendatang. Untuk itu, Bawaslu RI sudah membentuk tim seleksi untuk mencari putra putri terbaik Bangka Belitung duduk di kursi Bawaslu Babel mengawasi pesta demokrasi 2024 mendatang.

Timsel Bawaslu Babel sudah siap menyelenggarakan sejumlah tahapan dalam proses seleksi. Mereka sudah dibekali pada awal April 2023 beserta timsel dari seluruh Indonesia. Dan pada saat yang sama langsung melaksanakan rapat pleno untuk memutuskan Rusdiar, S.AP., M.Si sebagai Ketua, Basit Sucipto, SKM sebagai Sekretaris, serta Dr. Lukman Sumarna, S.Si., Lc., M.A.Pd, Ichsan Habibi, M.A.Hum dan Ashan Rais, S.IP. sebagai Anggota.

Rusdiar ketika dihubungi mengatakan tim seleksi sudah mengumumkan pendaftaran calon komisioner Bawaslu pada Rabu (12/4/2023) hingga Jumat (14/4/2023). Kemudian dilanjutkan penerimaan pendaftaran bakal calon Bawaslu Babel dari Senin (17/4/2023) hingga Rabu (3/5/2023). 

"Kesempatan bagi warga negara untuk mendaftarkan diri. Keterangan lebih lanjut beserta formulir berkas administrasi calon anggota, dapat diperoleh di sekretariat tim seleksi atau melalui laman babel.bawaslu.go.id," ungkap Rusdiar.

BACA JUGA:HUT ke-15 Bawaslu RI, Bawaslu Pangkalpinang Ajak Media Massa Awasi Pemilu 2024

Mantan Ketua KPID Babel ini menambahkan dokumen pendaftaran juga dapat dikirim melalui pos kilat khusus, email atau diantar langsung ke Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jalan Batu Kaldera No 5, Kelurahan Semabung Lama.

"Timsel mengajak pemuda pemudi terbaik bangsa yang berminat dan memenuhi syarat dapat mengikuti seleksi yang informasinya telah kita sampaikan," katanya.

BACA JUGA:Bawaslu Babel Kaji Unsur Kampanye

Rusdiar menambahkan secara teknisnya penerimaan berkas 7 hari kerja tetapi terkesan panjang karena bertepatan dengan cuti dan libur lebaran Idul fitri. Ditambahkannya, terkait pengumuman terkesan mendadak, karena pedoman dan timeline baru kami terima tanggal 11 April sore sekira jam 17.00. 

"Malamnya kami langsung melaksanakan rapat koordinasi timsel dan sekretariat untuk merumuskan teknis pengumuman di media cetak dan elektronik," jelasnya.

BACA JUGA:Cegah Pelanggaran Pemilu, Ini yang Sudah Dilakukan Bawaslu Babel

Pihaknya berupaya menyampaikan informasi pengumuman secara maksimal baik melalui media koran, media online, radio dan videotron. Serta menyurati Perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan terkait info kepada khalayak.

"Kami berharap putra dan putri terbaik di Bangka Belitung dapat mengikuti seleksi ini agar ke depan terpilih anggota Bawaslu Provinsi yang terbaik juga," tutupnya.(*)

BACA JUGA:Bawaslu Babel Sambang Warga Adat Suku Mapur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: