Bawaslu Babel Sambang Warga Adat Suku Mapur

Bawaslu Babel Sambang Warga Adat Suku Mapur

--

PANGKALPINANG - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bangka Belitung menyambangi Masyarakat adat Suku Mapur. Turun langsung dalam patroli pengawasan kawal hak pilih, Ketua Bawaslu Bangka Belitung, EM Osykar. Dia didampingi jajaran Bawaslu Kabupaten Bangka langsung menyapa masyarakat di Suku Mapur, Desa Air Abik, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Patroli ini dilakukan untuk memastikan masyarakat adat di wilayah tersebut sudah tercoklit atau terdata sebagai pemilih pada pemilu 2024 mendatang.

“Langkah ini merupakan upaya untuk mengawal hak pilih masyarakat. Mengingat tanggal 14 Maret 2023 adalah hari terakhir pencocokan dan penelitian data pemilih,” jelasnya.

Ditambahkan Osykar, masyarakat adat menjadi perhatian khusus Bawaslu dalam Patroli Kawal Hak Pilih ini. Hasilnya didapati bahwa seluruh masyarakat Suku Mapur sudah terdata sebagai daftar pemilih.

“Masyarakat adat ini jarang tersentuh khususnya dalam persoalan kepemiluan. Oleh karena itu perlu menjadi perhatian khusus bagi kita untuk memastikan hak pilih mereka menjelang pemilu 2024,” ungkapnya.

Sementara Ketua Adat Suku Mapur Gedoi atau biasa disapa Abok mengaku siap mendukung dan mensukseskan pemilu 2024. Dia berdoa agar pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, tertib dan damai.

Hingga saat ini ada 70 Kepala Keluarga di Suku Mapur yang sudah mempunyai Hak Pilih pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Osykar berharap seluruh masyarakat adat dapat mendukung pengawasan partisipatif dengan menjadi pemilih cerdas dan mengawasi pemilu bersama Bawaslu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: