Padang Muliya Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

Padang Muliya Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

--

BABELPOS.ID, KOBA - Kelurahan Padang Muliya, Bangka Tengah (Bateng) dicanangkan menjadi kampung tangguh anti narkoba. Rencana ini dicetuskan langsung Polres Bateng besinergi dengan Pemerintah Kecamatan Koba.

Kegiatan pencanangan ini dihadiri langsung Kapolres Bangka Tengah AKBP. Dwi Budi Murtiono, S.IK, MH di balai Kelurahan Padang Muliya pada Rabu (22/2/2023).

AKBP. Budi mengatakan pencanangan Kelurahan Padang Muliya menjadi kampung tangguh anti narkoba merupakan tindak lanjut program Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) serta Polres jajaran dalam memerangi penyalanggunaan narkoba di lingkungan masyarakat.

"Salah satu program yang dijalankan Polres Bangka Tengah adalah pembentukan kampung tangguh anti narkoba yang dalam implemtasinya nanti akan melibatkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan atau penyalahgunaan narkoba," ujar AKBP. Budi.

Kata Dia, program pencanangan kampung tangguh anti narkoba ini adalah bentuk kepedulian Polda Kepulauan Babel dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

"Kampung tangguh anti narkoba ini merupakan keberlanjutan dari kampung Tegap Mandiri pada saat kita menangani Covid-19 dan ada baiknya program tersebut kita teruskan, namun untuk menanggulangi peredaran narkoba," jelasnya.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa peredaran narkoba sudah menyentuh semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa. Dampak dari penggunaan narkoba sangat besar sampai bisa memicu tindakan kriminal lainnya," sambungnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti penyuluhan serta program kampung tangguh narkoba bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. 

"Kemudian dengan adanya peran masyarakat kita harapkan kedepan kampung kita bersih dari peredaran narkoba," ucapnya.

Ia menambahkan di wilayah Bangka Tengah ada Desa yang bisa dicontoh, seperti Desa Air Mesu yang merupakan kampung tangguh anti narkoba dan dianggap sudah berhasil meminimalisir penyalahgunaan narkoba.

"Disana ada mantan pengedar yang kemudian aktif menjadi penyuluh dan mensosialisasikan bahaya narkoba," tuturnya.

Sementara itu, Ema Febriyarti selaku Camat Koba menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Bangka Tengah, yang mana saat ini Kelurahan Padang Muliya ditunjuk sebagai posko kampung anti narkoba.

"Dengan ditunjuk sebagai kampung anti narkoba ini diharapkan banyak peran serta masyarakat dalam mencegah peredaran narkoba, RT nya harus aktif, ibu-ibu nya juga harus aktif dalam mensosialisasikan bahaya narkoba," ujar Ema.

"Nanti kita berharap ada peran aktif masyarakat juga seperti ketua RT atau ibu-ibu PKK yang ikut serta mensosialisasikan bahaya narkoba dan untuk posko kampung tangguh anti narkoba kita sudah menunjuk balai Kelurahan Padang Muliya untuk menjadi poskonya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: