Pemkot Pangkalpinang Bakal Bentuk Satpol PP Pariwisata

Pemkot Pangkalpinang Bakal Bentuk Satpol PP Pariwisata

M. Yasin --

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang bakal membentuk Satpol PP Pariwisata. Mereka akan ditempatkan di sejumlah kawasan destinasi wisata utamanya di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. Dengan kehadiran mereka nantinya selain untuk pengamanan juga sebagai pemandu wisatawan. 

Hal ini dijelaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, M. Yasin. Katanya, dalam waktu dekat Satpol PP Pariwisata ini akan dibentuk. 

"Kita akan segera membentuk Satpol PP Pariwisata. Selain untuk pengamanan juga sebagai pemandu wisatawan nantinya," ungkap Yasin.

BACA JUGA:Dinas Pariwisata Luncurkan Appekraf, Aplikasi Perdana di Babel Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Satpol PP Pariwisata ini dibentuk bukan tanpa alasan. Berkaca dari kasus hilangnya beberapa kain cual yang dipasang di beberapa batang pohon yang ada di Pantai Pasir Padi. Kemudian, pihaknya ingin Kota Pangkalpinang memiliki marwah dengan adanya Satpol PP Pariwisata.

Selain menjaga keamanan dan memberikan pelayanan kepada wisatawan baik wisatawan nusantara lokal maupun wisatawan mancanegara. Juga edukasi pada wisatawan dan pelaku usaha wisata. Sehingga, wisatawan akan semakin nyaman berada di Pantai Pasir Padi.

"Saya optimis dengan kehadiran mereka nantinya dapat menjaga fasilitas dan aset-aset yang ada di Pantai Pasir Padi. Untuk mempercantik pantai itu butuh kolaborasi dan pemikiran yang banyak dari semua pihak,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dinas Pariwisata Siap Menunjang Ribuan Pelaku Ekonomi Kreatif di Pangkalpinang

Satpol PP Pariwisata ini nantinya juga akan berjaga di sejumlah lokasi. Di antaranya, sejumlah tempat wisata yang menjadi pengelolaan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Rencananya, awal Februari 2023 Satpol PP Pariwisata sendiri telah terbentuk.

Pihaknya sendiri telah melakukan rapat internal, hasilnya pembentukan Satpol PP Pariwisata ini perlu dibahas lebih detail bersama perangkat daerah terkait. Mulai dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) hingga Bappeda dan Litbang untuk penganggaran dan segala macam.

BACA JUGA:Kadis Pariwisata Edukasi Pedagang Tata Kelola Pantai Pasir Padi

Sebab, sejauh ini pos jaga khusus untuk Satpol PP Pariwisata di Pantai Pasir Padi sendiri belum ada. Namun ada beberapa bangunan aset milik pemerintah kota di kawasan itu yang tidak terpakai, rencananya akan digunakan untuk pos jaga mereka.

“Karena semuanya perlu dibahas lebih detail lagi, kalau bentuk saja itu bisa. Tetapi untuk penganggaran segala macam bagaimana. Jadi ini akan kami suarakan ke DPRD,” jelasnya.(**)

BACA JUGA:Yasin Resmi Jabat Kepala Dinas Pariwisata Pangkalpinang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: