Tahun Ini BPN Babel Selesaikan Sertifikasi 20.134 Bidang Tanah

Tahun Ini BPN Babel Selesaikan Sertifikasi 20.134 Bidang Tanah

Penyerahan sertifikat tanah secara serentak di Soll Marina Pangkalan Baru.--

"Sekali lagi kami laporkan bahwa keberhasilan pelaksanaan kegiatan pendaftaran tanah baik PTSL maupun redistribusi tanah tidak lepas dari dukungan bupati wali kota khususnya yang terkait dengan pajak daerah yaitu kebijakan pembebasan maupun pengurangan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)," ungkapnya lagi.

BACA JUGA:Tahun 2022, ATR/BPN Babar Targetkan 5 Ribu Sertifikat

BACA JUGA:BPN Basel Sukses Sertifikasi Tanah Milik Negara, Dapat Penghargaan Dari TNI-AD

BACA JUGA:Yoh, Sertifikatkan Tanah Kite di PTSL BPN

Sementara di awal tahun 2022, lanjut Oloan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan kepada semua bupati wali kota karena Babel adalah satu-satunya provinsi yang semua kabupaten kotanya sudah menerapkan kebijakan pengurangan atau pembebasan BPHTB pada PTSL dan Redistribusi Tanah.

Tercatat untuk di Babel, jumlah bidang tanah yang telah terdaftar sebanyak 472.430 bidang atau sekitar 65,45 persen dari total keseluruhan jumlah bidang tanah yaitu 721.762 bidang. Penyelesaian sisa bidang tanah yang belum terdaftar sebanyak 249.332 bidang akan dilakukan melalui kegiatan PTSL, Redistribusi Tanah, Sertifikasi Hak Atas Tanah Lintas Sektor, Pelayanan Rutin, serta kegiatan pendaftaran tanah lainnya seperti PTPR (Pemetaan Tematik Pertanahan dan Ruang). 

"Saya mengucapkan selamat kepada masyarakat penerima sertifikat Hak Atas Tanah serta mengimbau agar bapak/ibu penerima sertipikat untuk menyimpan sertifikat dengan baik, dan bilamana diperlukan telah dapat dimanfaatkan untuk peningkatan usaha dan perekonomian keluarga," ucapnya.

BACA JUGA:Wamen ATR/BPN Perintahkan Jajarannya Review Semua Perizinan di Babel

BACA JUGA:Urus Sertifikat Tanah di BPN Bateng Tak Perlu Ribet, Apalagi Pakai Calo

BACA JUGA:BPN Pastikan PTSL Tak Syaratkan BPJS Kesehatan, Harap Peran Aktif Pemda

Sementara Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin berharap, dengan adanya sertifikat kepemilikan tanah ini dapat memberikan manfaat kepada kualitas dan meningkatkan taraf hidup masyarakat seirinh dengan dilakukannya pemanfaat atas tanah yang dimiliki.

"Pesan saya, jaga baik-baik batas bidang tanah yang dimiliki, maksimalkan pemanfaatan tanah dengan kegiatan bijak dan produktif, serta hindari kredit yang konsumtif," katanya.

Pihaknya di pemerintahan juga siap mendukung kelancaran program PTSL yang dilaksanakan oleh Kanwil BPN Babel dan kantor pertanahan di kabupaten/kota beserta jajarannya di daerah.

"Pemprov Babel mendorong pemkab/kota memberikan kemudahan BPHTB dan menggerakkan masyarakat untuk ikut PTSL dan Redistribusi tahan tahun 2023," ungkapnya.(**)

BACA JUGA:Tahun 2022, BPN Bangka Tengah Akan Bagikan 4.200 Sertifikat Tanah Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: