Tahun Ini BPN Babel Selesaikan Sertifikasi 20.134 Bidang Tanah

Tahun Ini BPN Babel Selesaikan Sertifikasi 20.134 Bidang Tanah

Penyerahan sertifikat tanah secara serentak di Soll Marina Pangkalan Baru.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Sebanyak 20.134 bidang tanah masyarakat Bangka Belitung (Babel) kini resmi bersertifikat, lewat pelayanan yang diberikan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Babel pada tahun ini.

Jumlah bidang tanah yang disertifikat tersebut terdiri dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 18.8887 bidang tanah dan program Redistribusi tanah tetap sebanyak 1.247 bidang tanah.

Secara simbolis, penyerahan sertifikat ini dilakukan BPN secara serentak se-Indonesia, Kamis (1/12).

Bertempat di Hotel Soll Marina Bangka, sebanyak 500 masyarakat penerima manfaat diundang langsung dalam penyeraha sertifikat ini yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin serta Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafri Rahman.

BACA JUGA:Bupati Algafry Ingatkan Pentingnya Sertifikat Tanah

BACA JUGA:BPN Babel Peringati Hari Agraria dan Tata Ruang 2022

BACA JUGA:Lindungi Aset Muhammadiyah MoU dengan Kantor BPN

Kepala Kanwil BPN Babel Oloan Sitorus menyampaikan, bahwa pada tahun ini, Kanwil BPN Babel mendapatkan alokasi untuk melaksanakan program strategis nasional PTSL dan Redistribusi Tanah. Target PTSL sebanyak 34.680 bidang direvisi karena adanya kebijkan automatic adjusment menjadi 28.372 bidang, sedangkan Redistribusi Tanah tetap sebanyak 10.000 bidang.

"Dari target yang diberikan tersebut, untuk PTSL telah terealisasi sebanyak 18.887 bidang sedangkan redistribusi tanah sebanyak 1.247 bidang. Pelaksanaan PTSL dapat diselesaikan karena dukungan pemerintah daerah, untuk itu kami mohon pemerintah daerah untuk terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengikuti PTSL," jelas Oloan dalam laporannya.

BACA JUGA:Kantor BPN Babar Ikut Digeledah Kejari

BACA JUGA:Jaksa Sudah Periksa eks Kepala BPN Koba

BACA JUGA:Sanksi Pecat bagi Oknum BPN Terlibat Bagian Mafia Tanah

Sesuai dengan arahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, dijelaskan Oloan, Babel mendapat amanah untuk melaksanakan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat sebanyak 14.767 sertifikat siap diserahkan.

"Sedangkan yang akan diserahkan pada kesempatan hari ini sebanyak 500 sertifikat, terdiri dari 200 sertifikat di Kota Pangkalpinang, 150 sertifikat di Kabupaten Bangka dan 150 sertifikat di Kabupaten Bangka Tengah," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: