Kasus HIV di Basel Meningkat, Dinkes Periksa Kesehatan Wanita Pekerja Malam, Ini Hasilnya

Kasus HIV di Basel Meningkat, Dinkes Periksa Kesehatan Wanita Pekerja Malam, Ini Hasilnya

Pemeriksaan kesehatan pekerja hiburan malam di Basel.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mencatat pada tahun 2024 terjadi peningkatan kasus HIV di Basel.

Hal ini disampaikan oleh Kepala DKPPKB Basel dr. Agus Pranawa saat sedang melakukan pemeriksaan terhadap para wanita pekerja malam, pada Senin (22/07) lalu.

"Terdapat 42 warga yang terjangkit HIV dan saat ini menjalani penanganan medis, jumlah ini meningkat 6 kasus dibandingkan tahun 2023 yang berjumlah 37 kasus HIV," sebutnya, Rabu (22/07). 

BACA JUGA:62 Pekerja Hiburan Malam di Toboali Dites HIV, Hasilnya?

BACA JUGA:78 Pekerja Hiburan Malam di Basel Dicek Kesehatan, 4 Terindikasi HIV

Disebutkannya, pada saat dilakukan skrining kesehatan terdapat sebanyak 36 orang wanita pekerja seks (WPS) maupun pemandu lagu menjalani tes HIV di lokasi Blackjack.

Pemeriksaan ini bertujuan guna mendeteksi dini serta mencegah kasus baru HIV di daerah, mengingat WPS rentan dalam hubungan seksual dan perilaku seks yang tidak aman dengan pelanggan.

"Kita cek 36 WPS di lokasi Blackjack, dan hasilnya Nihil," terangnya.

Selain itu, tes tersebut dilakukan untuk mengetahui status HIV dan dilakukan secara sukarela serta melalui proses konseling terlebih dahulu.

Layanan ini juga bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi orang dengan HIV/AIDS alias ODHA, yang pada prinsipnya VCT bersifat rahasia serta dilakukan secara sukarela.

"Konseling dan tes ini hanya dilakukan atas inisiatif serta persetujuan pihak yang datang ke penyedia layanan VCT untuk diperiksa," ungkap dr. Agus.

BACA JUGA:Berdayakan Tokoh Agama Untuk Cegah HIV/Aids

BACA JUGA:Trik Klinik Pratama Lapas Pangkalpinang Deteksi Dini HIV/AIDS dengan VCT Mobile

"Hasil pemeriksaan yang dilakukan selama VCT pun terjaga kerahasiaannya, serta dipilihnya  kawasan itu untuk mobile VCT tak terlepas dari tingginya migrasi WPS maupun pemandu lagu yang selalu berganti setiap tahunnya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: