PIN Polio Tahap I Dimulai, Segini Target Pemkab Basel

PIN Polio Tahap I Dimulai, Segini Target Pemkab Basel

Vaksinasi Polio di Kabupaten Bangka Selatan. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap pertama sudah mulai dilaksanakan, Selasa (23/7). Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) menargetkan sebanyak 25. 976 anak terimunisasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel dr. Agus Pranawa, pada Rabu (24/07).

"PIN polio ini sudah kita mulai pada tahap pertama pada Selasa (23/07) dan kita juga menargetkan sebanyak 25. 976 anak se Basel di Imunisasi," sebutnya.

BACA JUGA:Pemkab Bateng ajak semua elemen Wujudkan Eradikasi Polio

Dikatakannya, virus polio ditularkan oleh infeksi droplet dari orofaring (mulut atau tenggorokan) mengalir ke sistem saraf pusat dan menyebabkan melemahnya otot serta terkadang terjadi kelumpuhan.

Selain itu, penyakit polio ini juga sangat rentan menyerang para balita dibawah 15 bulan maupun anak - anak dibawah usia 5 tahun. Bahayanya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

"Kendati tidak bisa disembuhkan penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi polio, mendatangi posyandu, puskesmas ataupun pos pelayan terpadu setempat," terangnya.

BACA JUGA:Imunisasi Polio di 33 Provinsi

Imunisasi polio ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dan pada tahap pertama ini pihaknya mengadakan imunisasi di kelurahan Tanjung Ketapang serta dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Kita harapkan kesadaran masyarakat di Basel terhadap penyakit ini semakin tinggi, karena kita juga menargetkan Zero polio di Kabupaten Basel," pungkasnya.

BACA JUGA:Cegah Polio, Kadinkes Basel Ajak Masyarakat Untuk Imunisasi Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: