Berdayakan Tokoh Agama Untuk Cegah HIV/Aids

Berdayakan Tokoh Agama Untuk Cegah HIV/Aids

Kepala Dinkes Kabupaten Bangka Barat, Sapi'i Rangkuti.i --

BABELPOS.ID, MENTOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat berupaya melakukan pendekatan dan pemberdayaan para tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk ikut berperan aktif mencegah penyebaran HIV/Aids.

"Daerah ini termasuk cukup banyak ditemukan kasus HIV/Aids. Untuk itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat berperan aktif, khususnya para orang tua, untuk bersama-sama mengawasi pergaulan anak-anaknya," kata Kepala Dinkes Kabupaten Bangka Barat Sapi'i Rangkuti di Mentok, Rabu (10/7).

BACA JUGA:Kinerja Naik 15,3 Persen BSI Prioritas Dapat Award International

Peran aktif para pemuka agama dan tokoh masyarakat penting dilakukan, kata dia, agar semakin banyak warga yang sadar pentingnya menjaga sikap, perilaku, dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan penguatan pemahaman dan implementasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, ia meyakini mampu menjadi benteng tangguh terhadap perilaku menyimpang maupun pergaulan bebas.

"Saya berharap para pemuka agama sesekali menyampaikan khotbah di masjid menyampaikan bahaya HIV/Aids, disertai data yang sudah kita kumpulkan dari lapangan, karena ini jarang disampaikan," katanya.

BACA JUGA:BLK on the Spot, Inovasi Disnaker Babel

Selain itu orang tua juga memiliki peran penting untuk pencegahan penularan HIV/Aids dengan cara melakukan pengawasan ketat terhadap pergaulan dan perilaku sehari-hari anak-anaknya.

"Kalau bisa tidak keluar rumah di malam hari atau melakukan pergaulan bebas dan perilaku menyimpang, karena memang orang yang mengidap HIV/Aids tidak boleh dipublikasikan, sehingga masyarakat tidak tahu secara pasti orang per orang pengidap penyakit tersebut," katanya.

Begitu pula para tenaga pendidik di sekolah juga diminta memberikan edukasi kepada para siswa terkait pengetahuan dan cara pencegahan penyebaran HIV/Aids.

BACA JUGA:Kejari Basel Sudah Terima SPDP Kasus Pasir Timah Kering Ilegal 8 Ton

Dengan semakin banyak elemen yang berperan dalam penyebaran informasi bahaya HIV/Aids, kata dia, diharapkan mampu mencegah agar jumlah penderita tidak bertambah.

"Jadi dari tiga penyakit berbahaya, yang paling sulit dicari jalan keluarnya itu HIV/Aids, karena informasi pengidap selalu tertutup, baik itu perilaku penyebab, kelompok umur maupun yang tertular. Untuk itu diharapkan warga meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri masing-masing," katanya.

BACA JUGA:Kejari Basel Sudah Terima SPDP Kasus Pasir Timah Kering Ilegal 8 Ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: