Trik Klinik Pratama Lapas Pangkalpinang Deteksi Dini HIV/AIDS dengan VCT Mobile

Trik Klinik Pratama Lapas Pangkalpinang Deteksi Dini HIV/AIDS dengan VCT Mobile

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANGLapas Pangkalpinang kembali melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS bagi waga binaan, Rabu (15/5/2024). 

Langkah tersebut sebagai upaya deteksi dini terjadinya penularan HIV/AIDS dengan pemeriksaan kesehatan dan Voluntary Counseling and Testing (CVT) Mobile. 

BACA JUGA:DPO Pencuri Besi Kantor Gubernur Lampung Dibekuk di Bangka, Jadi Mekanik Motor di Mapur

Bekerjasama dengan Puskesmas Gerunggang Kota Pangkalpinang, kegiatan ini terlaksana di Klinik Pratama Lapas Pangkalpinang.

Sekadar diketahui, VCT Mobile adalah sebuah inovasi yang revolusioner dalam upaya pencegahan dan penanganan HIV/AIDS. VCT Mobile memberikan akses lebih mudah dan praktis bagi Warga Binaan untuk menjalankan pengujian HIV/AIDS.

BACA JUGA:DPO Pencuri Besi Kantor Gubernur Lampung Dibekuk di Bangka, Jadi Mekanik Motor di Mapur

Kepala Lapas Pangkalpinang, Badarudin mengapresiasi dedikasi Puskesmas Gerunggang yang terus membantu dalam pelaksanaan kegiatan deteksi dini tersebut dan berharap agar semua Warga Binaan dapat mengikuti dengan baik dan seksama.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju (Back to Basics), dengan aspek melakukan deteksi dini yang berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba dan membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya,” kata Baharudin. 

BACA JUGA:Ketua PK KNPI Payung Tuding Ada Kecurangan Tes PPK, Ini Alasannya

Sementara Kepala Seksi Pembinaan Lapas Pangkalpinang, Ferdi Anggriawan menyebut, sebanyak 40 warga binaan dilakukan pengambilan darah untuk tes HIV/AIDS. 

"VCT Mobile hadir sebagai solusi yang inovatif dan efektif untuk mengatasi masalah ini, dan ini adalah trik kami membawa layanan tersebut langsung ke warga binaan,” jelas  Ferdi. 

BACA JUGA:Lepas Jemaah Calon Haji, Pj Gubernur Safrizal Titip Doa Untuk Negeri Serumpun Sebalai

Ferdi mengatakan, dalam kesempatan ini, warga binaan juga mendapatkan penyuluhan tentang HIV/AIDS oleh Tim dari Puskesmas Gerunggang. Selain sebagai deteksi dini penyakit menular seperti HIV/AIDS, penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga binaan tentang bahayanya penyakit Sifilis, Hepatitis B dan TBC.

BACA JUGA:PJ Gubernur Safrizal Berangkat Haji, Ini Penggantinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: