Muda-mudi Babel, Gasken! TNI AD Buka Rekrutmen Bintara dan Tamtama: Ada Juga untuk Siswa Lulusan SMK Pertanian

Muda-mudi Babel, Gasken! TNI AD Buka Rekrutmen Bintara dan Tamtama: Ada Juga untuk Siswa Lulusan SMK Pertanian

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) kembali membuka penerimaan Bintara dan Tamtama PK TNI AD serta PA PK Reguler tahun 2024, dan pendaftaran ini sendiri tanpa dipungut biaya alias gratis.

BACA JUGA:IMM Unmuh Babel Desak Polda Transparan Dugaan Kasus LGBT dan Pemerkosaan Tahanan

Demikian hal itu disampaikan oleh Ajudan Jenderal Resor Militer 045/Garuda Jaya Letkol Nursalim, kepada laman media ini, Kamis (4/7). Spesialmya, kali ini rekrutmen juga diperuntukan bagi lulusan SMK jurusan pertanian. Yang pendaftarannya sudah dibuka pada 25 Juni 2024 dan ditutup pada 30 Juli 2024. "Pendaftaran via online, dan gratis tanpa dipungut biaya," terangnya.

Penerimaan calon Prajurit TNI merupakan salah satu program TNI di bidang personel yang dilaksanakan dalam rangka menyeleksi dan merekrut pemuda-pemudi potensial yang siap dididik untuk menjadi calon-calon pemimpin masa depan. 

BACA JUGA:IMM Unmuh Babel Desak Polda Transparan Dugaan Kasus LGBT dan Pemerkosaan Tahanan

"Kegiatan penerimaan calon Prajurit TNI dilaksanakan secara selektif dengan mengedepankan obyektifitas dan transparansi agar diperoleh calon yang benar-benar unggul dari aspek akademik, jasmani maupun kepribadian dan pada akhirnya siap melaksanakan pendidikan serta mengabdi dilingkungan TNI menjadi seorang Perwira selama kurang lebih 35 tahun," katanya.

"Kesiapan sumber daya manusia Prajurit TNI salah satunya adalah dari golongan perwira yang diharapkan untuk mampu mendukung tugas pokok TNI baik dalam tugas-tugas OMP maupun OMSP, agar TNI mampu menjawab dan menyikapi dinamika serta tantangan tugas yang berkembang sangat dinamis," sambung Letkol Nursalim.

BACA JUGA:Bidang Damkar Satpol PP Bentuk Redkar Hingga ke Desa Kelurahan

Dirinya juga memaparkan proses dan tahapan rekrutmen Bintara dan Tamtama PK TNI AD serta Perwira PK Reguler 2024, bahwa pendaftaran bisa melalui online di situs reami TNI AD. Kemudian validasi administrasi dokumen yang dilanjutkan dengan tes kemampuan dasar, psikologi kesehatan/jasmani, penelitian personel (Litpers) dan terakhir Sidang Pantukhir.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Tiga Pelaku Pengeroyokan Bersajam di Melintang Berhasil Dibekuk

"Jadwal rekrutmen calon Tamtama PK TNI AD Gelombang II dimulai pada minggu kedua September 2024, dengan validasi dan pemeriksaan administrasi dijadwalkan pada minggu ketiga dan keempat September. Pemeriksaan dan pengujian di tingkat Sub Panpus akan berlangsung pada minggu pertama dan kedua Oktober 2024. Pendidikan pertama dijadwalkan dimulai pada minggu keempat Oktober di Secata Rindam II/Swj Lahat," jelasnya.

BACA JUGA:RM Mari Jo, Kuliner Khas Manado Hadir di Pangkalpinang

Calon Bintara PK TNI AD Pria Reguler pada pendaftaran online dibuka dari 1 Maret hingga 30 Juli 2024. Validasi dan pemeriksaan administrasi akan berlangsung dari 15 Juli hingga 2 Agustus. Pemeriksaan tingkat Panda dijadwalkan pada 7 hingga 16 Agustus, dengan pengujian di tingkat Sub Panpus pada 26 Agustus hingga 7 September. Pendidikan pertama akan dimulai pada 27 September 2024 di Secaba Rindam II/Swj Lahat.

BACA JUGA:Sepuluh Hari Coklit, Segini Total Warga Basel yang Tercoklit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: