Sepuluh Hari Coklit, Segini Total Warga Basel yang Tercoklit

Sepuluh Hari Coklit, Segini Total Warga Basel yang Tercoklit

Rahmat Nadi--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Sejak dimulainya pencoklitan pada 24 Juni lalu, petugas Pantarlih Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sudah mendata hampir 80 persen calon pemilih.

Hal ini disampaikan oleh Komisioner oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel Rahmad Nadi, Kamis (04/07).

"Selama sepuluh hari ini data tercoklit sudah mencapai 80,5 persen, dan ini hampir seluruh kecamatan di Basel rata - rata di angka 75 persen warganya tercoklit," ujarnya.

Pada proses Coklit ini Kecamatan Pongok menjadi yang tertinggi diangka 99, 6 persen dengan tersisa 13 warga yang belum dicoklit.

Lalu Kecamatan payung menjadi terendah yakni sekitar 75,3 persen dengan jumlah yang tersisa 3.974 warga belum tercoklit.

"Dari delapan Kecamatan tersebut, Kepulauan Pongok menjadi yang tertinggi dan Kecamatan Payung terendah, ini karena jumlah warga di dua kecamatan tersebut memang berbeda jauh," sebutnya.

BACA JUGA:Masyarakat Gudang Enggan Dicoklit, Dugaan Trauma KUR Fiktif, Ini Kata KPU Basel

BACA JUGA:KPU Basel Coklit 150.730 Pemilih Pilkada 2024

Dikatakan Rahmad Nadi, data Coklit ini terupdate dari 24 Juni sampai 03 Juli 2024, dengan jumlah TPS yang akan dipakai sekitar 296, berkurang jauh dari Pemilu kemarin sebanyak 555 TPS.

Adapun total jumlah warga Basel yang terdata yakni 150.730, data Coklit 121.380, yang belum tercoklit 29,350 dan persentase tercoklit sekitar 80,5 persen.

"Semoga pencoklitan ini bisa selesai tepat waktu, dan apabila ada perbaikan maka masih ada waktu untuk dilakukan perbaikan," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Segini Total Dana Hibah Pilkada 2024 di Bangka Selatan, KPU dan Bawaslu Sudah Cairkan Tahap II

BACA JUGA:Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Basel Ajak Media Ikut Mengawasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: