Mahasiswa UBB Turun ke SMKN 1 Simpang Katis, Amati Minat Siswa Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Mahasiswa UBB Turun ke SMKN 1 Simpang Katis, Amati Minat Siswa Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Kunjungan sosialisasi mahasiswa UBB ke SMK 1 Simpang Katis. --Foto: ist

BABELPOS.ID, SIMPANG KATIS - Mahasiswa dan dosen pada mata kuliah UBB dan Keunggulan Peradaban mengunjungi SMKN 1 Simpang Katis untuk memenuhi tugas Cash Method Team Based Project sekaligus melakukan sosialisasi perkenalan mendalam mengenai informasi Universitas Bangka Belitung ke Siswa/siswi SMKN 1 Simpang Katis, Rabu (25)3/04/2024)

Kunjungan ini diikuti oleh 28 mahasiswa dari kelas 23 Manajemen 4 Universitas Bangka Belitung yang didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah UBB dan Keunggulan Peradaban, Padlun Fauzi S.Hum.,M.Sc.

Sosialisasi mengenai minat partisipasi siswa dan siswi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Simpang Katis itu membahas tentang minat partisipasi siswa dan siswi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Simpang Katis. Mahasiswa juga membahas mengenai beberapa beasiswa untuk masuk ke Universitas Bangka Belitung, serta menjelaskan jurusan dan unit kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas Bangka Belitung.

Di SMKN 1 Simpang Katis terdapat beragam rencana siswa setelah lulus sekolah. Salah satu siswa, Wajito mengaku punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi tertunda karena biaya.

"Setelah lulus sekolah saya punya rencana untuk kuliah tapi terkendala dengan biaya, oleh karena itu saya rencananya ingin bekerja dulu, setelah biaya untuk kuliah terkumpul maka saya akan kuliah," ujar Wajito siswa kelas 11 DKV.

BACA JUGA:3200 Peserta UTBK-SNBT UBB Tahun 2024, Menanti Pengumuman Kelulusan 13 Juni 2024

BACA JUGA:Dies Natalis 17 Tahun Himaksi FEB UBB, Kolaborasi Mencapai Akutansi Unggul

Kurangnya informasi yang didapatkan siswa dan siswi mengenai perguruan tinggi juga menjadi salah satu kendala, banyak dari mereka kurang mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi. Namun setelah mendengar sosialisasi perkenalan mendalam mengenai perguruan tinggi serta UBB, barulah mereka mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi. 

"Saya ada rencana untuk kuliah tetapi untuk jurusannya saya belum tahu mau masuk jurusan mana, untuk informasi mengenai perguruan tinggi saya baru dapat dari penjelasan sosialisasi yang tadi kakak berikan" ujar Desi siswi kelas 11 DKV 1 SMKN Simpang Katis.

Antusiasme peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi bisa dikatakan lumayan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang ditunjukkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan dan dari seberapa penting pendidikan bagi mereka.

"Menurut saya sendiri pendidikan itu sangat penting, karena dengan bersekolah kita dapat belajar banyak hal, menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan yang kita punya serta mencari tahu sebatas mana kita bisa mengasah kemampuan kita, seandainya kita tidak sekolah dan belajar mungkin kemampuan kita hanya disitu saja, kita kurang bisa unutk mengembangkan diri," ujar Wajito. 

BACA JUGA:Dua Hari UTBK SNBT UBB, Ada Cerita Menyentuh Peserta

BACA JUGA:Cegah Kecurangan, Panpe SNBT UBB Terapkan Pemeriksaan Berlapis

Sementara, salah satu wali kelas di SMKN 1 Simpang Katis, Evinya, mengatakan rendahnya semangat peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi karena SMK lebih fokus ke jenjang karir memasuki dunia kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: