Cegah Kecurangan, Panpe SNBT UBB Terapkan Pemeriksaan Berlapis

Cegah Kecurangan, Panpe SNBT UBB Terapkan Pemeriksaan Berlapis

--

BABELPOS.ID, BALUNIJUK - Panitia pelaksana Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) menerapkan pemeriksaan berlapis bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), di samping peserta diwajibkan mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan, salah satunya membawa berkas yang diperlukan.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Lakukan Pendampingan Indeks Reformasi Hukum pada Kabupaten Belitung

Pengamanan berlapis ini menjadi salah satu upaya Panitia dalam meminimalisir pencegahan kecurangan. Humas UBB menjelaskan, untuk menghindari perjokian pihaknya juga memeriksa peserta sebelum masuk ruangan dengan metal detector untuk mendeteksi adanya logam yang dibawa oleh peserta ke dalam ruangan, serta dilakukan verifikasi kelengkapan berkas peserta dan memastikan yang mengikuti tes UTBK yang bersangkutan atau bukan. 

"Pengamanan berlapis ini kami lakukan, untuk memastikan proses UTBK betul-betul terhindar dari kecurangan," ujar Agus melalui keterangan tertulis yang diterima Babel Pos, Minggu (5/5).

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Lakukan Pendampingan Indeks Reformasi Hukum pada Kabupaten Belitung

Sebelum masuk ruangan panitia menempatkan para peserta di ruang tunggu berdasarkan nomor urut kursi UTBK. Kemudian Panitia yang dibantu pengamanan kampus melakukan pemeriksaan dengan metal detector, serta mengecek data kelengkapan masing-masing peserta.

"Pada saat memasuki ruang UTBK, hal yang sama dilakukan pemeriksaan kembali," katanya. UBB sendiri telah memfasilitasi duw lokasi tempat pelaksanaan UTBK SNBT 2024, yakni Pusat UTBK yang berada di Kampus Terpadu UBB Pangkalpinang dan Sub UTBK di SMKN 1 Tanjungpandan.

BACA JUGA:Infinix GT 20 Pro Segera Meluncur, Spesifikasinya Wow

Proses pelaksanaan ujian dalam sehari terbagi jadi dua, sesi pertama dimulai pada pukul 06, 45 WIB, dan sesi kedua pukul 12.30 WIB. Panitia UTBK –SNBT UBB telah menyiapkan 8 ruang lab komputer dengan kapasitas sejumlah 240 orang untuk pelaksanaan di Pusat UTBK Kampus Terpadu UBB dan 4  ruang lab komputer kapasitas sejumlah 105 orang untuk pelaksanaan di Sub UTBK SMKN 1 Tanjung Pandan.

BACA JUGA:Dua Pabrik Sawit Dikabarkan Tutup, Ekonomi Babel Kembali Terancam: HKTI Minta Solusi Pemerintah

“Pelaksanaan UTBK dalam satu hari di laksanakan 2 sesi (pagi dan sore), dengan total peserta 480 di Kampus Terpadu UBB dan 210 peserta untuk di SMKN 1 Tanjung Pandan,” terangnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, jumlah yang mendaftar UTBK SNBT di UBB total sebanyak 3.232 orang, terbagi menjadi 2.640 orang yang akan mengikuti UTBK di Kampus Terpadu UBB Pangkalpinang, dan sebanyak 592 orang yang akan mengikuti tes UTBK di SMKN 1 Tanjung Pandan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: