PEREMPUAN, POLITIK DAN PERJUANGAN GENDER (Catatan perempuan, Politik di Bangka Belitung)

PEREMPUAN, POLITIK DAN PERJUANGAN GENDER  (Catatan perempuan, Politik di Bangka Belitung)

Saifuddin --Foto: ist

BACA JUGA:Kelindan Etika Lingkungan dan Tobat Ekologis dalam Sastra

Di akhir tulisan tersebut, bagaimana perempuan mengambil peran politik yang tidak mudah. Seperti Melati Erzaldi (istri Mantan Gubernur Bangka Belitung 2017-2022) pada pemilu 2024 mengambil jalan politik untuk memperjuangkan politik gender. Terekam jejak perempuan yang sederhana ini begitu aktif di kegiatan sosial dan keummatan (majelis Taklim), pengembangan UMKM serta menjadi perempuan pendorong generasi Z dan milenial di kepulauan Bangka Belitung. Bertarung dari Partai besutan Prabowo Subianto berhasil meraih suara yang signifikan untuk melaju masuk senayan sebagai representasi politik gender dari kepualaun rumpun sebalai ini.

Bagi Melati, ini adalah perjuangan bagi kita semua, kemenangan kita bersama, tanggungjawab kita bersama---semua ini karena kebersamaan untuk menyatukan persepsi “perempaun tentang politik”, yang mungkin selama ini kita hanya di wakili kaum laki-laki di parlemen, tetapi itu bukan soal. Tetapi saat ini kita bersyukur keterwakilan politik kepulauan Bangka Belitung telah memandat satu srikandi sebagai bentuk keterwakilan perempuan di parlemen.

Semoga dengan ini dapat membuka cakrawala kita terutama kaum perempuan, bahwa perjuangan perempuan diruang politik itu tidak mudah---dengan berbagai keterbatasan terutama soal posisi perempuan, tetapi kalau kita benar-benar teguh dalam berjuang, maka perempuan pun bisa sejajar dengan laki-laki. Ini bagian dari “perempuan melawan mitos” dalam politik. Sehingga kedepan satu perempuan akan melahirkan perempuan-perempuan berikutnya seperti Melati untuk mengambil peran dalam politik modern Indonesia.

Demokrasi tidak membincangkan perbedaan laki-laki dan perempuan, tetapi demokrasi menghargai keduanya---ambillah peran, maka itulah eksisitensi diri sebagai manusia.(*)

BACA JUGA:Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Desa Wisata Namang

BACA JUGA:Menerima Mahasiswa Internasional di Bangka: Peluang dan Tantangannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: