Bawaslu Babel Minta Perbaikan Perlengkapan Pemungutan Suara di Kabupaten Bangka

Bawaslu Babel Minta Perbaikan Perlengkapan Pemungutan Suara di Kabupaten Bangka

Ketua Bawaslu Babel saat meninjau gudang logistik KPU Bangka.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) EM Osykar bersama Kepala Bagian Administrasi Siti Jamilah dan jajaran melakukan supervisi dan monitoring pengawasan logistik Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Bangka. Pengawasan logistik Pemilu Tahun 2024 ini dilakukan dengan mengunjungi gudang logistik KPU Kabupaten Bangka Gedung Dharma Wanita guna memastikan seluruh logistik dalam keadaan siap digunakan

"Supervisi ini untuk melakukan penilaian terhadap kelayakan gudang penyimpanan logistik dan perlengkapan pemungutan suara termasuk jenis dan jumlah kotak suara. Sebagaimana yang diatur oleh Pasal 2 ayat 1 Perbawaslu 12 Tahun 2023, Bawaslu sebagai Pengawas Pemilu melakukan pengawasan tahapan pengawasan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya," kata Osykar disela-sela monitoring dan evaluasi, Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:Satukan Spirit, Bawaslu Bangka Tengah Gelar Apel Siaga Serentak

BACA JUGA:Komitmen Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Bangka Gelar Apel Siaga

Dalam monitoring dan evaluasi ini dijelaskan Osykar bahwa perlengkapan pemungutan suara sebagaimana dimaksud terdiri atas kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan, dan TPS/TPSLN.

Dari perlengkapan pemungutan suara tersebut Ia mengatakan telah ditemukan sebanyak 84 botol tinta yang rusak, dan 34 buah kabeltiz yang rusak pada kotak suara. Namun perlengkapan pemungutan suara tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan pergantian.

"Memang ada sejumlah perlengkapan pemungutan suara yang rusak dan sudah dilakukan pergantian. Meski demikian ini menunjukkan perlunya dilakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan seluruh perlengkapan pemungutan suara dapat digunakan pada hari pemungutan dan penghitungan suara," ujarnya.

BACA JUGA:Bawaslu Pangkalpinang Susun Strategi Pertanggungjawaban Keuangan ke Jajaran

BACA JUGA:Bawaslu Babel Dapat Penghargaan Terbaik Pada Tiga Kategori Ini

Ia menjelaskan bahwa perlengkapan pemungutan suara yang baru tiba di Bangka Belitung hanya kotak suara, tinta, bilik, dan segel. Sedangkan untuk surat suara masih dalam tahapan dicetak. Oleh karena itu Bawaslu akan kembali mengawasi ketika pencetakan surat suara dan dukungan perlengkapan lainnya.

Osykar berharap agar KPU Bangka dapat mengantisipasi terhadap kondisi gudang penyimpanan logistik. Jika terdapat perlengkapan yang berpotensi rusak, diharapkan segera diganti sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Keberlanjutan proses pemantauan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas persiapan logistik Pemilu 2024 demi kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan demokrasi di Bangka Belitung.(*)

BACA JUGA:Belum Masa Kampanye, Bawaslu Bangka Tengah Minta APS yang Langgar Ketentuan Diturunkan Atau Perbaiki

BACA JUGA:Bawaslu Rapat Bersama Sentra Gakkumdu, Bahas Potensi Pelanggaran Pemilu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: