Kolaborasi Bersama Pemdes Sadai dan DLH, Sat Polairud Polres Basel Gelar Sapu Bersih

Kolaborasi Bersama Pemdes Sadai dan DLH, Sat Polairud Polres Basel Gelar Sapu Bersih

Anggota Satpolair Polres Basel mengumpulkan sampah dalam kejadian sapu bersih Pantai Mattirotasi Sadai --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Menindaklanjuti STR Kakor Polairud Baharkam Polri No : ST/441/Ren.2./2023, Sat Polairud Polres Basel melaksanakan Kegiatan Sapu Bersih kawasan pantai Mattirotasi Tanjung Ru Desa Sadai Kabupaten Basel, Sabtu (28/10).

Pada kegiatan ini Sat Polairud Polres Basel berkolaborasi dengan Perangkat Pemdes Sadai, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Basel serta masyarakat Sadai. Dengan bersihnya kawasan pantai diharapkan wisatawan semakin nyaman berkunjung.

Kasat Polairud Polres Basel Iptu Eddy Suaidi menyampaikan, kegiatan Sapu Bersih ini sesuai dengan intruksi langsung Kakor Polairud Baharkam Polri untuk melaksanakan kegiatan sapu bersih.

"Kegiatan ini menindaklanjuti langsung dari Kakor Polairud Kabarhakam Polri, untuk menjaga kebersihan kawasan pantai," ujarnya, Sabtu (28/10).

BACA JUGA:Kawasan Pantai Pasir Putih Ramai Wisatawan, Polairud Basel Beri Himbauan

BACA JUGA:Maya Suganda Belajar Bank Sampah ke Basel

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keindahan alam serta dapat menunjang perekonomian masyarakat pesisir khususnya bagi penggiat UMKM, serta mencegah terjadinya abrasi yang mengakibat banjir pasang air laut.

"Selain itu menjaga kebersihan pantai yang nota benenya kawan pantai ini sering sekali dikunjungi wisatawan," tuturnya.

Dikatakan Iptu Eddy, dalam kegiatan Sapu Bersih ini terkumpul sebanyak 20 kantong plastik sampah yang dipisahkan yakni, 11 kantong sampah organik dan 9 kantong sampah non organik.

Sampah - sampah ini nantinya diserahkan ke DLH Basel untuk dikelola, kalau organik maka akan diolah menjadi kompos, sedangkan non organik dipilah lagi dan untuk bekas botol minuman plastik akan ditaruh dalam bank sampah.

BACA JUGA:19 Bank Sampah Binaan Mati Suri, Ini Kata DLH Basel

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, Desa Tukak Bentuk TPS3R, Masyarakat Bisa Menabung Sampah

"Harapannya melalui kegiatan ini, kawasan pantai menjadi bersih, para pengunjung semakin nyaman, serta menghindari abrasi yang mengakibatkan banjir pasang air laut," pungkasnya.

Terlihat yang hadir dalam kegiatan tersebut, Perangkat Desa Sadai, DLH Basel, pers Sat Polairud Basel, kapal XXXVIII-2006 Direktorat Polairud Polda Kepulauan Babel, masyarakat Sadar wisata serta anggota Posmat TNI AL Sadai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: