Maya Suganda Belajar Bank Sampah ke Basel

Maya Suganda Belajar Bank Sampah ke Basel

Kunjungan Maya Suganda Pasaribu ke Bank Sampah Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pj Ketua Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengunjungi Bank Sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Selasa (26/9).

Kunjungan tersebut langsung disambut oleh Ketua PKK Basel Elizia Riza Herdavid, Plt DLH Agung Prasetyo, beserta staff DLH.

BACA JUGA:19 Bank Sampah Binaan Mati Suri, Ini Kata DLH Basel

PJ Ketua TP PKK Babel, Maya Suganda Pandapotan menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka bersilaturahmi bersama anggota membicarakan tentang bank sampah.

"Diketahui bahwa di DLH Basel ini bank sampahnya sangat bagus dalam pengelolaannya, yang mana kami bisa studi tiru terkait bank sampah ini," ujarnya, Selasa (26/09).

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, Desa Tukak Bentuk TPS3R, Masyarakat Bisa Menabung Sampah

Pada kunjungan ini pihaknya bisa belajar bagaimana dalam pengelolaan bank sampah dan kendalanya.

Menurutnya, sejauh ini hampir di tiap kabupaten kota mempunyai bank sampah, namun di Basel yang paling berkembang.

BACA JUGA:Gelar Workshop Lingkungan Hidup, DLH Ajak Kurangi Sampah

Sejauh ini menurutnya bank sampah cukup efektif, tetapi ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi seperti, dana sampah dan penampungannya.

"Nantinya akan kita terapkan, tetapi karena kita ini PKK jadi kami utamakan dulu di dalam rumah tangga, kita fokuskan pada kader bagaimana cara mengolah sampah," tuturnya. 

BACA JUGA:Sempat 50 -70 Ton Sampah Sehari, Hefi Minta Masyarakat Disiplin

Dikatakannya, bahwa bank sampah merupakan salah satu solusi awal dalam penanganan lingkungan. Namun setiap daerah berbeda-beda pengolahan sampahnya, seperti program terbaru DLH Basel, Buat Kompos Tiap Rumah (Bos Timah).

" Melalui PKK mungkin kita bisa memberdayakan tiap - tiap keluarga untuk mengolah sampah organik sehingga bisa menjadi kompos untuk tanaman sekaligus mengurangi sampah," jelas Maya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: