Bappelitbangda Susun Visi Basel 2045, Yuk Sampaikan Aspirasi Anda ke Sini

Bappelitbangda Susun Visi Basel 2045, Yuk Sampaikan Aspirasi Anda ke Sini

Ir. Herman --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dalam rangka penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025 - 2045, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menjaring berbagai masukan dari masyarakat.

Pelaksanaan penyusunan RPJPD mengacu Undang Undang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan bahwa setiap daerah harus memiliki rencana pembangunan daerah, agar sesuai dengan visi dan misi Basel 2045.

BACA JUGA:Pemkab Basel Anggarkan 36 Miliar untuk Pembangunan Insfrastruktur 2 RSUD, Ini Rinciannya

Kepala Bappelitbangda Basel Ir. Herman mengatakan, saat ini pihaknya sedang menjaring berbagai usulan dari masyarakat terkait pembangunan Basel 2025-2045 melalui RPJPD.

"Untuk itu melalui RPJPD ini kita bisa tahu arah serta visi misi pembangunan sesuai dengan apa yang di inginkan rakyat," ujarnya, Senin (02/10).

BACA JUGA:Polemik Pembangunan Gapura Desa Tepus, Bupati Riza: Kami Kantongi Sertifikat Hibah

Disampaikan Herman, pihaknya menjaring usulan dari masyarakat karena saat ini masyarakat bukan hanya obyek pembangunan melainkan sebagai subyek pembangunan.

"Bisa dibilang masyarakat saat ini berperan besar dalam menentukan visi dan misi arah pembangunan kedepannya," ujarnya.

"Untuk itu silahkan masyarakat sampaikan arah serta masukan dalam pembangunan visi misi Basel 2045 ke web milik Bappelitbangda di https://linktr.ee/BAPPELITBANGDA.BASEL," tuturnya.

BACA JUGA:Pembangunan Gapura Batas Kabupaten di Tepus Tuai Polemik, Ini Kata Kades dan Kadus

Dijelaskannya, RPJPD sendiri merupakan garis besar arah pembangunan daerah yang menjadi target untuk dicapai. Penentuan target yang akan dicapai akan mempertimbangkan arah kebijakan nasional, arah kebijakan provinsi, arah kebijakan tata ruang wilayah serta estimasi kemampuan pendanaan jangka panjang.

BACA JUGA:Pelayanan Dasar dan Peningkatan Perekonomian Jadi Fokus Pembangunan Basel 2024

Selain itu, RPJPD akan menjadi pedoman bagi daerah untuk selama 20 tahun kedepan, dengan harapan masyarakat dapat menyampaikan masukan mulai dari aspek ekonomi seperti pariwisata, perdagangan, umkm, pertanian, perikanan, teknologi informasi maupun aspek sosial kebudayaan seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kemiskinan, literasi dan kepemudaan.

"Oleh sebab itu kami sangat berharap kepada masyarakat maupun stakeholder agar menyampaikan masukan ke kami untuk visi misi 2045 Basel," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: