Petani Sawit Siap-siap, Ada Lomba TBS Terberat di Bangka, Hadiahnya 10 Juta

Petani Sawit Siap-siap, Ada Lomba TBS Terberat di Bangka, Hadiahnya 10 Juta

Penimbangan TBS di Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Bangka.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka, menggelar lomba tanda buah segar (TBS) kelapa sawit terberat. Lomba dibagi dua kategori yakni kebun mandiri dan kategori plasma yang merupakan petani mitra perusahaan kelapa sawit.

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Subhan, mengatakan lomba TBS terberat yang pertama kali digelar ini sebagai upaya pemerintah daerah mendorong petani sawit meningkatkan produktivitas hasil panen kelapa sawit.

"Kelapa sawit yang diperbolehkan mengikuti lomba yakni jenis kelapa sawit yang bersertifikat dengan buah kelapa sawit jenis Tenera," kata Subhan.

BACA JUGA:Kembangkan Sawit -Sapi, Dinpapertan Bangka Perkenalkan Program Siska

Peserta lomba diberikan kemudahan untuk ikut lomba karena dapat langsung mendaftar dengan membawa buah kelapa sawit hasil panen petani.

Pemenang lomba dengan TBS terberat akan dilakukan pengecekan fisik untuk memastikan kelapa sawit tersebut benar-benar hasil kebun pemilik pemenang atau sebaliknya.

"Pemenang lomba mendapat apresiasi berupa uang pembinaan sebesar kurang lebih Rp10 juta," katanya.

BACA JUGA:Patut Dicontoh Nih! Hasil Kebun Sawit Desa Kimak Bisa Bantu Perlengkapan Sekolah

Berdasarkan data, luas kebun sawit petani mandiri di Kabupaten Bangka yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan seluas kurang 21 ribu hektare sedangkan kebun luas sawit plasa seluas enam ribu hektare lebih.

Subhan mengakui musim kemarau saat sekarang berdampak hasil panen kelapa sawit petani yang menurun, karena kekurangan pemenuhan air untuk tanaman termasuk pula petani kesulitan melakukan pemupukan.(*)

BACA JUGA:Tembus Perkebunan Sawit, Binda Babel Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Terpencil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: