Biologi UBB Mengabdi di Teru, Inisiasi Pengadaan Bibit Jamur

Biologi UBB Mengabdi di Teru, Inisiasi Pengadaan Bibit Jamur

Tim pengabdian UBB melatih masyarakat Teru budidaya jamur tiram.--Sindi/Yandi

BABELPOS.ID, SIMPANG KATIS - Jurusan Biologi Universitas Bangka Belitung (UBB) sukses menggelar program pengabdian masyarakat di Desa Teru, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa, (19/92023).

Program tersebut mencangkup kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan sejak 20 Juli 2023 lalu dan dilanjutkan praktik pelatihan terkait inisiasi pengadaan bibit jamur tiram pada September 2023. 

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 20 orang yang berasal dari ibu-ibu PKK dan pengelola budidaya jamur tiram Desa Teru dan diketuai oleh Anggraeni, M.Si, dengan anggota tim yakni, Dr. Henni Helmi, M.Si, Monica Kharisma Swandi, S.Si, M.Si, Salmi, S.Si, M.Biomed, dan Rinny Saputri, S.Si M.Si.

BACA JUGA:Dosen Pengabdian UBB Ajari UMKM Pangkalpinang Pemasaran Digital

Ketua Tim Pengabdian, Anggraeni mengatakan bahwa kegiatan ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UBB yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dalam hal budidaya jamur tiram bagi masyarakat di Desa Teru.

"Kegiatan ini melalui praktik pembibitan F0 dan F1 jamur tiram. Jika, program ini terus berlanjut, kami berharal kelompok masyarakat di Desa Teru dapat membuat bibit jamur tiram dan melakukan budidaya jamur tiram secara mandiri," ujar Anggi, sapaan akrabnya kepada babelpos.id pada Selasa, (19/9/2023).

BACA JUGA:Biologi UBB Eksplorasi Pulau Semujur, Ciptakan Kelas Kolaboratif dan Partisipatif

Dikatakan Anggi, secara umum, program pengabdian ini diselenggarakan melalui tiga rangkaian kegiatan utama yaitu sosialisasi, praktik pembuatan bibit jamur, dan monitoring evaluasi. 

Lebih lanjut, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi pembibitan jamur tiram melalui pemaparan materi sosialisasi yang disampaikan oleh Ibu Monica Kharisma Swandi, S.Si, M.Si.

BACA JUGA:UBB Gelar Mechanomorphosa VI dan Fisika Expo VI 2023, Pj Gubernur Suganda Berikan Dukungan Penuh

Pada sesi berikutnya, masyarakat diajak untuk melakukan praktik pelatihan pembibitan jamur tiram yang didampingi oleh semua anggota tim pengabdian.

Dalam sesi tersebut, peserta dilatih untuk membuat bibit F0 dan F1 jamur tiram. Peserta diberikan penjelasan terkait alat, bahan, dan tahapan dalam pembibitan F0 dan F1 jamur tiram. 

BACA JUGA:Strike... Serunya Lomba Mancing Udang di Sungai Kayu Arang ala UBB

Sementara itu, anggota tim pengabdian, Rinny Saputri mengatakan masyarakat juga diajak untuk mengenal dan bersentuhan langsung dengan alat-alat dan bahan pembibitan serta turun langsung mengerjakan semua tahapan pembibitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: