Dosen Pengabdian UBB Ajari UMKM Pangkalpinang Pemasaran Digital

Dosen Pengabdian UBB Ajari UMKM Pangkalpinang Pemasaran Digital

Pelatihan Marketing Digital bagi pelaku UMKM Kota Pangkalpinang oleh Tim Dosen Pengabdian UBB.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tim Dosen Pengabdian Universitas Bangka Belitung (UBB) memberikan pelatihan digital marketing kepada 40 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pangkalpinang, Kamis (14/9) di Cordela Hotel Pangkalpinang.

Peserta kegiatan program Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang ini merupakan para usahawan kuliner dan jajanan pasar khas Bangka Belitung, dengan narasumber Dosen UBB Wenni Anggita, S.E.,M.Si.

BACA JUGA:Biologi UBB Eksplorasi Pulau Semujur, Ciptakan Kelas Kolaboratif dan Partisipatif

Weni Anggota menyampaikan bahwa dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, para pelaku usaha harus memiliki kemampuan dan strategi pemasaran yang lebih intens dan aktif mempromosikan jualannya. Salah satunya dengan pemanfatan media sosial.

"Ditengah gempuran teknologi informasi, media sosial merupakan alternatif yang sangat tepat dalam melakukan promosi," jelasnya.

BACA JUGA:Strike... Serunya Lomba Mancing Udang di Sungai Kayu Arang ala UBB

Dijelaskannya, berdasarkan laporan We Are Social menunjukkan bahwa jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 Juta orang pada Januari 2023 atau sebesar 60,4% dari populasi di dalam negeri.

Adapun waktu yang dihabiskan bermain media sosial di Indonesia tercatat mencapai 3 jam 18 menit setiap harinya yang menjadikan Indonesia menjadi yang tertinggi kesepuluh di dunia.

BACA JUGA:Upgrade Literasi Keuangan, Tim Pengabdi UBB Ajak UMKM Bateng Mengglobal

Saat ini lanjutnya, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 212,9 juta.

"Hal ini mengindikasikan bahwa apabila pelaku usaha dan UMKM memanfaatkan media sosial dalam promosi, maka akan lebih menguntungkan dan efisien waktu dan lebih murah dibandingkan dengan promosi lainnya," ujarnya.

BACA JUGA:Rektor Pastikan UBB Terus Beri Kontribusi Peningkatan APK PT dan IPM Babel

Namun, ada 6 hal yang harus dilakukan apabila pelaku usaha ingin memaksimalkan medsos sebagai media promosi, antara lain: (1) Kenali target pasar dan media sosial yang digunakan; (2) konten yang kuat; (3) Kreatif dalam bercerita;(4) Komunikasi dua arah; (5) Konsisten dalam berpromosi dan yang ke (6) Kolaborasi.(*)

BACA JUGA:Tim PMTU UBB Dampingi Pendaftaran NIB Bagi UMK Desa Tumbak Petar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: