Strike... Serunya Lomba Mancing Udang di Sungai Kayu Arang ala UBB

Strike... Serunya Lomba Mancing Udang di Sungai Kayu Arang ala UBB

Peserta bersiap turun ke sungai berlomba memancing udang satang Sungai Kayu Arang.--Ist

BABELPOS.ID, KELAPA - Dalam rangka memperingati HUT ke – 78 Republik Indonesia, Program Studi Perikanan Tangkap Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan Lomba Mancing Udang Satang di Sungai Kayu Arang, Minggu (3/9/2023).

Perlombaan mancing udang di Desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat diikuti kurang lebih 60 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan masyarakat umum dari Bangka Tengah, Pangkalpinang, Sungailiat dan Bangka Barat.

Salah satu tujuan lomba mancing adalah mendorong interaksi dengan alam dan lingkungan sekitar, sehingga dapat mengedukasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan ekosistem perairan contohnya adalah Sungai Kayu Arang ini.

BACA JUGA:Pj Gubernur Suganda : UBB Punya Potensi Sebagai Universitas Terdepan di Indonesia

Melalui kegiatan mancing ini diharapkan dapat tercipta atmosfer yang menyenangkan dan menghibur para peserta yang mengikuti kegiatan.

Ketua Panitia Agung Priyambada menyampaikan bahwa kegiatan lomba mancing ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Prodi Perikanan Tangkap UBB. Kegiatan ini sekaligus momentum untuk mempromosikan Prodi Perikanan Tangkap ke masyarakat luas bahwa Kepulauan Bangka Belitung dianugrahi dengan potensi perikanan yang sangat luar biasa.

"Tentunya potensi tersebut memerlukan sumberdaya manusia yang mumpuni agar dalam pengelolaannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Dukung Penuh Mahasiswa Fakultas Hukum UBB yang Akan Berkompetisi

Lomba mancing ini juga menawarkan berbagai hadiah menarik. Pada kategori tim yang terdiri dari 3 orang per tim, Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000, Juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.500.000 dan Juara ketiga sebesar Rp 1.000.000.

Adapun untuk kategori individu yakni terbanyak dan terbesar. Untuk juara satu masing masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 300.000, juara kedua Rp 200.000 dan juara ketiga Rp 100.000.

BACA JUGA:Ahli Hukum UBB Nilai IPM Kesadaran Hukum di Indonesia Sudah Lebih Positif

Acara lomba dimulai pukul 07.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kepada Desa Kayu Arang Bapak Nelson Tambunan.

Ia menyampaikan bahwa Desa Kayu Arang memiliki potensi dibidang perikanan yakni udang galah atau dikenal masyarakat setempat dengan sebutan udang satang, kepiting bakau, dan ekowisata mangrove yang masih alami.

"Jika dikelola dengan baik tentunya akan berpotensi untuk meningkatkan perekonomian Desa Kayu Arang. Pada kesempatan ini pula Pak Kades menyampaikan selamat berlomba semoga mendapatkan hasil yang optimal," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: