APDESI Basel Bimtek Inventarisasi Aset Desa, Bupati Riza: Maksimalkan melalui Sikeudes

APDESI Basel Bimtek Inventarisasi Aset Desa, Bupati Riza: Maksimalkan melalui Sikeudes

Pembukaan Bimtek Siskeudes bagi Kades dan Aparatur Desa di Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inventerisasi Aset Desa dan Implementasi sistem keuangan Desa (Siskuedes), bertempat di Luminor Hotel Jakarta, Selasa (13/06).

Bimtek ini diikuti oleh seluruh Pemdes yang ada di Kabupaten Basel dan berlangsung selama lima hari, 12 sampai 16 Juni 2023.

BACA JUGA:APDESI Basel Ajak Kades & Perangkat Desa, Jaga Kekompakan & Sinergitas Dengan Pemda

Bupati Basel Riza Herdavid yang membuka kegiatan mengungkapkan, Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa.

"Perlunya aset desa dikelola secara tertib untuk mencapai pengelolaan aset desa yang berdaya guna dan meningkatkan pendapatan desa," ungkapnya.

BACA JUGA:Ketua Apdesi Bateng : Pembangunan Rumah RJ Bisa Dianggarkan Lewat Pendapatan Belanja Desa

Dikatakan Bupati Riza, di era serba Digital ini diperlukan pengelolaan keuangan desa secara online melalui aplikasi Siskuedes. Ini guna mewujudkan penatausahaan dan pertanggungjawaban secara akuntabel serta transparansi.

"Maka dari itu aplikasi Siskuedes ini sangat penting serta mempunyai banyak manfaat bagi Pemdes," ujarnya.

BACA JUGA:APDESI Babel Ujung Tombak Pemerintah dalam Melayani Masyarakat

Menurut Riza, aplikasi Sistem Pengelolaan Desa (Sipedes) merupakan bagian dari aplikasi pencatatan administrasi aset desa sesuai dengan amanat dari Permendagri nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa.

"Fungsi aplikasi ini mulai dari perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset Desa," terangnya.

BACA JUGA:Sukseskan Desa Mandiri di Bangka Tengah, DPC APDESI Buka Ruang Bangun Dukungan

Diharapkan kepada peserta agar secara serius mengikuti Bimtek ini karena harus ada perubahan di desa masing masing setelah mengikuti Bimtek tersebut.

"Kepada peserta agar dapat mengimplementasikan serta mengaplikasikan di desa masing masing itu semua demi kesejahteraan masyarakat," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: